Rabu, 11 Desember 2019

Balai Kota Bogor Akan Dipindah ke Danau Bogor Raya

- 14 November 2019, 19:07 WIB
PEKERJA merevitalisasi trotoar di Kompleks Balai Kota Bogor, Rabu 12 November 2019. Pemerintah Kota Bogor berencana memindahkan kompleks perkantoran ke Danau Bogor Raya.*/WINDIYATI RETNO SUMARDIYANI/PR

BOGOR, (PR).- Pemkot Bogor berencana memindah­kan kompleks perkantoran di Jalan Ir. Djuanda ke kawasan Danau Bogor Raya, Kelurahan Cimahpar, Kecamatan Bogor Utara.

Proses pemin­dah­an ditargetkan rampung dalam waktu tiga tahun.

Kepala Badan Perencanaan Pemba­ngunan Daerah Kota Bogor Erna Hernawati menuturkan, pemindahan itu sejalan dengan rencana pembangunan stasiun transit  Lintas Raya Terpadu (LRT). 

Pemindahan kompleks perkantoran ke Danau Bogor Raya, kata dia, cukup relevan karena kondisi  kompleks Balai Kota Bogor saat ini yang sempit dan kurang representatif.

”Di sana ada tanah 6 hektare milik pemerintah pusat. Itu nanti jadi kawasan perkantoran. Semua yang ada di sini (balkot) pindah ke situ. Pertimbang­annya banyak. Di sini untuk parkir saja meni udeg-udeg (berdesakan). Kalau ada acara apa-apa, kita di­larang bawa mobil. Kayaknya se-Jabar, kantor wali kota yang se­dikit kumuh baru kita,” ujar Erna,  Rabu 13 November 2019.

Pembangunan kompleks gedung baru, kata Erna, akan dilakukan secara bertahap. Pemkot masih mengajukan hibah bangun­an dari PT Sejahtera Eka Graha (SEG). 

PT SEG merupakan peru­sahaan pe­ngembang properti yang 96,53 persen sahamnya dimiliki Kemen­terian Ke­uangan RI dari aset eks PT Perusahaan Pengelola Aset/PT PPA.

Peng­ajuan hibah tersebut menjadi salah satu kompensasi pembangunan stasiun transit di kawasan Danau Bogor Raya.

Sebagai tahap awal, pemkot memastikan perizinan di ­ka­wasan itu dahulu. Pemkot akan menyampaikan wacana tersebut kepada Pemprov Jabar.


Halaman:

Editor: Yusuf Wijanarko

Tags

Komentar

Terkini

X