Minggu, 15 Desember 2019

Proyek KCIC Rusak 11 Rumah di Purwakarta

- 13 November 2019, 16:16 WIB
WARGA melihat rumahnya yang rusak berat di Kampung Tegalnangklak, Desa Bunder, Jatiluhur, Purwa­karta, Selasa 12 November 2019.*/HILMI ABDUL HALIM/PR

PURWAKARTA, (PR).- Sedikitnya sebelas rumah warga di Kampung Tegalnangklak, Desa Bunder, Kecamatan Jatiluhur, Purwakarta mengalami kerusakan hingga nyaris roboh. Warga menuding kerusakan itu akibat ­pekerjaan proyek Kereta Cepat ­Jakarta-Bandung.

Menurut pengakuan salah seorang warga, Cucu Mulyati, pihak perusahaan konstruksi proyek tersebut sempat mendatangi rumah mereka.

”Awalnya diukur-ukur, tapi akhir­nya tidak tergusur juga. Malah yang digusur rumah di samping rumah proyek itu (yang tidak terkena dam­pak),” katanya, Selasa 12 November 2019.

Cucu menilai, pekerjaan proyek tersebut mengakibatkan pergerakan tanah di sekitar permukiman warga. Kerusakan yang dialami masing-ma­sing rumah berbeda-beda mulai dari muncul retakan di dinding ba­ngunan hingga ada yang nyaris roboh.

”Ada tiga rumah yang hancur, yang delapan cuma retak-retak, tapi mulai membesar. Awalnya akibat pemba­ngunan proyek kereta cepat,” ujar­nya. 

Cucu mengatakan, selama ada pekerjaan proyek tersebut, ia merasa tidak nyaman berada di rumah karena ke­rap merasakan getaran.

Getaran tersebut diduga berasal dari mesin-mesin dan kendaraan berat yang melintasi permukiman penduduk setempat. Namun, Cucu meng­aku tidak mendapatkan kejelasan ganti rugi dari pihak perusahaan konstruksi proyek tersebut.

”Sekarang disuruh ngontrak (ru­mah di tempat lain) dulu untuk (peng­huni) yang tiga rumah ini. Satu bulan dikasih satu juta rupiah per orang. Baru bulan ini mulainya,” kata Cucu yang merasa tidak puas.

Ditambahkan, pihak PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) menjanjikan proses ganti rugi rumah mereka hingga tiga bulan ke depan. Itu pun diakui Cucu baru sebatas per­nyataan lisan, belum tertulis da­lam surat perjanjian perusahaan de­ngan para warga yang terdampak.


Halaman:

Editor: Yusuf Wijanarko

Tags

Komentar

Terkini

X