Rabu, 26 Februari 2020

Karnaval Budaya Hari Jadi Pangandaran Berlangsung Semarak

- 4 November 2019, 01:20 WIB
KARNAVAL budaya peringatan hari jadi Kabupaten Pangandaran menyedot perhatian warga di Pantai Barat Pangandaran, Minggu 3 November 2019.*/AGUS KUSNADI

PANGANDARAN, (PR).- Sepanjang jalan Lapangan Katapang Doyong di Pantai Timur hingga jalur Pantai Barat Pangandaran dipadati berbagai kendaraan hias dan seni budaya. Parade tersebut merupakan bagian dari karnaval budaya dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-7 Kabupaten Pangandaran tahun 2019.

Pernak-pernik pertunjukan dan kendaraan hias dari masing-masing dinas, kecamatan, dan warga yang ditampilkan menjadi daya tarik karnaval.

Iring-iringan karnaval melintasi panggung kehormatan tempat Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata, dan sejumlah tokoh lainnya berada.

Salah seorang penari peserta karnaval dari Purwakarta menyerahkan patung Nyi Pohaci yang diterima Bupati serta Wakil Bupati Pangandaran dan diikuti penyerahan berbagai makanan hasil bumi dari sejumlah desa.

Dari ratusan peserta, rombongan karnaval dari Telkom Bandung dan sanggar Nyi Pohaci Kabupaten Purwakarta juga ikut memeriahkan acara tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pangandaran Undang Sohbarudin mengatakan, karnaval budaya yang digelar tahun ini merupakan salah bentuk satu pelestarian dan pemanfaatan seni budaya yang ada di Pangandaran.

"Selain seni budaya, juga ada tampilan fashion, drum band dari sekolah pelayaran, serta rombongan karnaval Purwakarta dan Bandung yang ikut memeriahkan karnaval budaya ini," kata Undang, Minggu 3 November 2019.

Salah satu tujuan dilaksanakannya karnaval budaya, kata Undang, adalah untuk menunjang pariwisata dan sudah menjadi even tahunan di Pangandaran.

Halaman:

Editor: Yusuf Wijanarko

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X