Selasa, 18 Februari 2020

Puting Beliung Menerjang, 12 Rumah Ambruk Warga Berlarian

- 30 Oktober 2019, 19:03 WIB
SALAH seorabg petugas relawan bencana tengah memperkihatkan rumah warga yang rusak.*/AHMAD RAYADIE/PR

PALABUHANRATU, (PR).- Dua belas unit rumah warga di Kampubg Babakanbaru  RT 002 RW 006, Desa Tenjojaya, Kecamatan Cibadak, Rabu 30 Oktober 2019 porakporanda diterjang puting beliung.  Kendati tidak menimbulkan korban jiwa dan luka-luka, tapi terjangan angin besar menyebabkan warga harus berlarian.

Mereka sempat dibuat takut, karena hempasan angin yang datang secara tiba-tiba cukup besar. Warga menyelamatkan diri di beberapa tempat yang  dinilai aman, karena khawatir bangunan rumah roboh dan menimpanya.

Apalagi angin besar tidak hanya menghempaskan genting dan plafon rumah. Tapi membuat enam unit dinding rumah warga ambruk hingga merusak perabot rumah tangga.

Didampingi TNI dan kepolisian, petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Cibadak, tidak hanya melakukan pendataan. Tapi mengevakusi warga yang rumah rusak diterjang angin besar. Sebagian warga telah diungsikan di tempat aman untuk mengntisipasi berbagai kemungkinan bencana susulan.

"Setelah mendapat laporan melalui jaringan telefon dari karang taruna Desa Tenjojaya. Selanjutnya P2BK melakukukan koordinasi dan assesment di lokasi bencana," kata Koordinator Pusat Pengendalian Operasional, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Daeng Sutisna.

Daeng Sutisna mengatakan, bencana angin besar pascahujan deras mengguyur Sukabumi yang merusak belasan ruma warga, menyebabkan sebagian warga harus mengungsi.

"Warga yang terpapar bencana angin kencang sangat membutuhkan kebutuhan pokok. Termasuk material bangunan yang dibutuhkan warga secepatnya. Kebutuhan tersebut akan segera didistribusikan secepatnya," katanya.***


Editor: anef

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X