Sabtu, 6 Juni 2020

Cara Duta Perpustakaan Jabar Tumbuhkan Minat Literasi Generasi Muda Kota Tasikmalaya

- 30 Oktober 2019, 04:01 WIB
PELANGI Langit Biru, Duta Perpus Jabar Asal Kota Tasikmalaya.*/DOK PRIBADI

KECINTAANNYA terhadap literasi membawa Pelangi Langit Biru, dara 21 tahun asal Kota Tasikmalaya menjadi Duta Perpustakaan Jawa Barat 2019. Ya, Pelangi memang terbilang aktif dalam dunia literasi di Tasikmalaya. Ia meyakini, urusan membangun tradisi literasi seperti membaca buku penting di masyarakat.

"Saya aktif berkegiatan di masyarakat mengunjungi beberapa taman baca masyarakat (TBM)," kata Pelangi saat dihubungi beberapa waktu lalu.

Kota Tasikmalaya memiliki 44 TBM. Pelangi aktif di salah satu TBM, yakni Lembah Pustaka. Ia menjadi pengajar serta berkegiatan rutin di sana.

Tak hanya itu, perempuan yang kuliah D3 di Akademi Statistika Muhammadiyah Semarang tersebut terlibat dalam sejumlah kegiatan literasi seperti Kibar Budaya Jilid 5 yang diselenggarakan Dewan Kesenian Kota Tasikmalaya. Bagi Pelangi, tradisi membaca tak harus diawali dengan kecintaan terhadap buku. Ketika seseorang menekuni sebuah bidang, urusan membaca mesti akan dilakoninya. Ia mencontohkan dirinya yang senang menghitung dan menggeluti bidang data analisis. 

Di bidang itu, tumbuh kesadaran pentingnya membaca.‎ "Ketika ingin menggeluti sebuah bidang, berarti secara tidak langsung menumbuhkan daya dan minat baca, salah satunya bisa membaca melalui buku acuan, jurnal dan lain-lain," ucapnya.

Tradisi membaca pun bukanlah hal yang terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Tak pelak, Pelangi percaya perpustakaan semestinya menjadi pusat kegiatan masyarakat. Apalagi, Pemerintah Provinsi Jawa Barat tengah gencar-gencarnya membuat program peningkatan minat baca masyarat melalui Kotak Literasi Cerdas (Kolecer) dan Maca Dina Digital Library (Candil).

"Sebagai langkah awal saya untuk ikut berkontribusi di dalamnya, dengan mengikuti kegiatan Duta Perpustakaan Jawa Barat 2019," ujarnya. Dalam kegiatan yang berlangsung di Kota Bandung pada 12-14 Maret 2019, Pelangi akhirnya terpilih menjadi Duta Perpustakaan Jabar. Kini, kerja berat memberantas buta literasi di Jabar telah menanti perempuan yang juga aktif dalam Mojang Jajaka Kota Tasikmalaya tersebut.***

Editor: Siska Nirmala


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X