Selasa, 25 Februari 2020

Polisi Curigai STNK Honda Jazz Berpelat B

- 28 Oktober 2019, 17:12 WIB
KAPOLRES Garut, AKBP Dede Yudi Ferdiansah menunjukan STNK mobil Honda Jazz yang diduga palsu.*/AEP HENDY/KABAR PRIANGAN

GARUT, (PR).- Petugas Satuan Polisi Lalu Lintas (Satlantas) Polres Garut menemukan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) yang diduga  palsu. Sementara itu jumlah pelanggara lalu lintas yang berhasil terjaring dalam Operasi Zebra Lodaya tahun ini mengalami peningkatan dibanding sebelumnya.

Adanya temuan STNK yang diduga palsu diungkapkan Kapolres Garut, AKBP Dede Yudi Ferdiansah saat menggelar ekspos hari ketiga hasil Operasi Zebra Lodaya 2019 di Mapolres Garut. STNK tersebut dilihat secara kasat mata memang berbeda dibadingkan dengan STNK yang asli.

"Petugas menemukan sebuah STNK mobil yang diduga palsu saat menggelar Operasi Zebra Lodaya. STNK-nya seperti discan atau dicetak sendiri dan bahannya pun beda dengan STNK yang asli tapi seperti terbuat dari kertas HVS biasa," ujar Dede.

Disebutkannya, sebelumnya petugas menghentikan sebuah mobil Honda Jazz warna hitam berpelat nomor B 1570 COW saat menggelar operasi. Ketika memeriksa surat-surat kendaraan, petugas melihat ada kejanggalan pada STNK kendaraan tersebut.  

Petugas pun, tuturnya, kemudian memutuskan untuk mengamankan kendaraan beserta surat-suratnya. Hasil penelusuran, tenyata dalam data tercatat jika pemilik kendaraan tersebut merupakan warga Garut.

Dede menjelaskan, bekerja sama dengan Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim), petugas hingga saat ini masih melakukan pemeriksaan. Jika hasil pemeriksaan menyatakan jika STNK itu memang palsu, maka pihaknya akan memberikan tindakan tegas terhadap pemilik kendaraan.
   
"Motifnya masih belum bisa kita pastikan. Bisa saja STNK yang aslinya hilang lalu ia membuat sendiri dengan cara discan. Namun apapun itu, jika terbukti ada unsur pemalsuan, tentu melanggar hukum," katanya.

Terkait hasil Operasi Zebra Lodaya tahun ini, diungkapkan Dede jumlah kendaraan yang terkena tilang mengalami peningkatan dibanding Opersai Zebra Lodaya 2018. Baru hari ketiga pelaksanaan operasi saja, sudah ada peningkatan hingga 90 persen dibanding sebelumnya.

Dalam tiga hari operasi tambahnya, petugas sudah berhasil menilang 1620 kendaraan baik roda dua maupun roda tiga. Sedangkan pada oparsi serupa tahun lalu, hanya ada 853 surat tilang yang diberikan ke pelanggar. 

Halaman:

Editor: anef

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X