Minggu, 8 Desember 2019

Sempat Kendur dengan Kebersihan, Jumsih Kembali Digelorakan di Ciamis

- 26 Oktober 2019, 16:31 WIB
SEJUMLAH aparatur sipil negara (ASN) melakukan aksi bersih-bersih lingkungan kantor , Jumat, 25 Oktober 2019. Kegiatan tersebut menindaklanjuti Surat Edaran (SE) Bupati Ciamis yang kembali menggalakkan Jumat Bersih (Jumsih).*/NURHANDOKO WIYOSO/PR

CIAMIS, (PR).- Pemerintah Kabupaten Ciamis kembali menggalakkan gerakan Jumat Bersih (Jumsih) yang belakangan ini dirasa mengendur. Kegiatan tersebut tidak hanya berlangsung di lingkungan kantor pemerintah, tetapi juga nonpemerintah yang ada di wilayah tatar galuh Ciamis.

Gerakan Jumsih kembali dicanangkan pada Jumat, 25 Oktober 2019. Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, dan Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra, melakukan inspeksi mendadak di sejumlah kantor pemerintah. Saat inspeksi, keduanya berpencar sesuai sasaran masing-masing.

Agar tidak dikenali, keduanya naik kendaraan pelat hitam. Herdiat melakukan inspeksi di 15 titik, di antaranya kantor Inspektorat, Dinas Pendidikan, PDAM, Kecamatan Ciamis, dan RSUD. Sedangkan, Yana menyasar 12 lokasi, di antaranya Dinas Perhubungan, Puskesmas Ciamis, Bappeda, serta Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Salah satu titik pantauan yakni kompleks perkantoran Kertasari. Sejumlah PNS tampak membersihkan lingkungan. Mereka tidak hanya menyapu, tapi juga memungut sampah yang ada di sekitarnya dan kemudian dimasukkan ke dalam kantong plastik. Gerakan bersih lingkungan itu berlangsung selama satu jam setelah apel pagi.  

“Jumsih harus kembali digelorakan lagi. Saya minta seluruh SKPD, camat, lurah melaksanakan Jumsih, setiap minggunya harus dilaksanakan,” tutur Herdiat.

Dikatakan Herdiat, suasana lingkungan yang bersih dan nyaman dapat menambah semangat bekerja. Dengan demikian, kinerja ASN diharapkan juga semakin meningkat. Kebersihan itu pun tidak hanya di lingkungan kantor, tetapi juga sekitar rumah.

“Hasilnya tidak hanya untuk masyarakat, akan tetapi juga untuk diri sendiri. Lingkungan yang bersih, nyaman, dan sehat, tentunya juga akan menambah semangat bekerja. Saya berharap kebersihan menjadi budaya bagi warga tatar galuh Ciamis,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Ciamis, Tatang, di sela mengikuti Jumsih mengatakan, kegiatan dilaksanakan setelah apel pagi. Seluruh pegawai di lingkungan kantor Disdik bersama-sama membersihkan lingkungan.


Halaman:

Editor: Vebertina Manihuruk

Tags

Komentar

Terkini

X