Rabu, 29 Januari 2020

Partisipasi Warga Cibugel dan Cisarua Masih Rendah

- 18 Oktober 2019, 06:43 WIB
ILUSTRASI.*/ DOK. PIKIRAN RAKYAT

SUMEDANG,(PR).-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumedang, kini telah mengusulkan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumedang, supaya dapat segera melakukan kajian terhadap daerah-daerah yang tingkat partisipasi pemilihnya rendah.

Sebab sesuai data yang dimiliki KPU, di wilayah Kabupaten Sumedang ini, tercatat masih ada dua kecamatan yang tingkat pertisipasi pemilihnya rendah, yakni selalu berada di angka 70 persen.

Padahal di 24 kecamatan lainnya, tingkat partisipasi pemilih pada Pileg dan Pilpres 2019 lalu, rata-rata masuk di angka 83,4 persen.

Maka dari itu, khusus untuk Kecamatan Cibugel dan Cisarua yang tingkat partisipasi pemilihnya hanya 70 persen, KPU meminta agar dilakukan kajian.
Seperti disampaikan Ketua KPU Sumedang, Ogi Ahmad Fauzi, di ruang kerjanya, Kamis 17 Oktober 2019.

Terbilang bagus

Menurut Ogi, dalam rangka meningkatkan angka partisipasi pemilih di wilayah Kab. Sumedang, pihaknya memang telah mengusulkan kepada Pemerintah Daerah supaya bisa mengkaji dan mengevaluasi beberapa wilayah kecamatan yang tingkat partisipasinya masih terbilang rendah.

"Usulan ini, telah kami sampaikan hari Rabu sore kemarin pada saat kami beraudensi dengan Pa Bupati di Gedung Negara," katanya.

Dijelaskan Ogi, secara keseluruhan tingkat partisipasi pemilih di Sumedang pada Pileg dan Pilpres 2019 kemarin itu memang terbilang sangat bagus.

Namun demikian, pihaknya tetap berharap agar angka partisipasi pemilih terendah yang ada di Sumedang juga ke depannya bisa lebih meningkat, tidak hanya puas di angka 70 persen.

"Dari 26 kecamatan yang ada di Sumedang, tingkat partisipasi pemilihnya yang paling rendah itu memang di Kecamatan Cibugel dan Cisarua," katanya.

Halaman:

Editor: anef

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Jawa Barat Network

X