Minggu, 5 April 2020

Tempat Pembuangan Sampah Kesambi Beralih Fungsi Jadi Taman

- 16 Oktober 2019, 14:02 WIB
LOKASI bekas tempat pembuangan sampah di Kesambi kini dijadikan taman dan pedestrian.*/ANI NUNUNG ARYANI/PR

CIREBON, (PR).- Sejumlah tempat pembuangan sementara sampah (TPS) di Kota Cirebon bertransformasi menjadi taman dan pedestrian. Di antara eks TPS yang ditutup dan disulap menjadi pedestrian yang baru saja tuntas dikerjakan yakni TPS Kesambi.

Sebelum disulap menjadi pedestrian, TPS yang berlokasi di sekitar pusat kuliner Kesambi, kerap meluber ke jalan, karena kapasitas yang terbatas.

Akibatnya bukan hanya memunculkan pemandangan yang kotor dan menjijikan, namun juga menimbulkan bau tidak sedap dan kerawanan kesehatan.

Agus, salah seorang pedagang es kelapa muda yang tidak jauh dari eks TPS sangat antusias dengan perubahan wajah eks TPS Kesambi.

"Pasti gembira lah, selama ini tidak sedikit pelanggan yang gagal membeli dagangan kami karena terganggu dengan bau dan pemandangan sampah. Namanya sampah pasti identik dengan penyakit, wajar juga banyak pembeli yang khawatir terjangkit penyakit," katanya Rabu (16/10/2019).

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cirebon Abdullah Syukur, sebagai ganti penutupan TPS Kesambi, disiapkan TPS mobile yang rutin keliling sejumlah RW di Kelurahan Kesambi yang selama ini membuang sampahnya di TPS Kesambi.

Dikatakan Syukur, alihrupa dan alihfungsi TPS menjadi taman atau jalur pedestrian selama ini difasilitasi oleh dana CSR perusahaan, yang lokasinya tidak jauh dari TPS

Peran masyarakat

Peran serta masyarakat dalam upaya penutupan TPS juga sangat menentukan. Tanpa peran masyarakat, penutupan TPS susah dilakukan.

Selanjutnya yang akan ditutup adalah TPS di Jalan Ciptomangunkusumo dan TPS Gunungsari, karena tempatnya strategis di pinggir jalan dan gerbang kota.

Halaman:

Editor: anef

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X