Rabu, 11 Desember 2019

Puluhan Desa di Sumedang Mengajukan Diri Jadi Desa Wisata

- 9 Oktober 2019, 08:19 WIB
FOTO ilustrasi turis tertarik dengan suasana desa wisata.*/ANTARA

SUMEDANG,(PR).- Puluhan desa di wilayah Kabupaten Sumedang, kini mulai lirik sektor wisata, untuk pengembangan ekonomi masyarakatnya. Sebab menurut pertimbangan pemerintah desa (Pemdes), sektor wisata ini merupakan potensi yang paling memungkinkan bisa dikembangkan untuk mendongkrak perekonomian masyarakat.

Berdasarkan data dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kab. Sumedang, saat ini tercatat sudah ada sekitar 78 desa yang mengusulkan untuk menjadi desa wisata.

Banyaknya desa yang mengusulkan sebagai desa wisata ini, membuktikan bahwa geliat pariwisata di Sumedang sudah mulai meningkat.

Kepala DPMD Kab. Sumedang Endah Kusyaman, melalui Kepala Bidang Perekonomian Masyarakat Khaidir Gumilar, mengatakan dengan segala potensi alam yang dimiliki, Kab. Sumedang memang sangat berpotensi dijadikan sebagai destinasi wisata. 

Potensi ini, kata Khaidir, sepertinya sudah mulai dipahami oleh hampir seluruh Pemdes di Sumedang. Sehingga tidak heran jika akhir-akhir ini, banyak desa yang tertarik untuk daerahnya sebagai desa wisata.

"Kami lihat animo Pemdes terhadap sektor wisata ini memang sangat tinggi. Buktinya, dari 171 desa di Sumedang yang dinilai memiliki potensi wisata, 78 desa diantara kini sudah mengusulkan menjadi desa wisata," kata Khaidir, Selasa 8 Oktober 2019.

Maka dari itu, guna menindaklanjuti usulan tersebut, DPMD bersama SKPD terkait lainnya, seperti Bappppeda dan Disparbudpora Kab. Sumedang, dalam waktu dekat ini akan membuat tim khusus untuk melakukan survei, kajian dan evaluasi terhadap usulan-usulan dari 78 desa tersebut.

Kajian dan evaluasi ini, dimaksudkan untuk memastikan apakah 78 desa itu layak menjadi desa wisata atau tidak.

Hasil kajian dan evaluasi ini pun kata Khaidir, nantinya akan dijadikan sebagai bahan rujukan untuk penerbitan Keputusan Bupati (Kepbup) tentang desa wisata.


Halaman:

Editor: anef

Tags

Komentar

Terkini

X