Semua Pihak Harus Turun Bersama Atasi Pencemaran Sungai Cileungsi

- 8 Oktober 2019, 22:03 WIB
BUPATI Bogor Ade Yasin menelusuri sungai Cileungsi melihat kondisi sungai yang selama ini tercemar, Selasa, 8 Oktober 2019.*/IRWAN NATSIR/PR

CIBINONG,(PR).- Bupati Bogor Ade Yasin meminta semua pihak ikut terlibat dalam mengawasi persoalan pencemaran sungai Cileungsi. Sebab, Pemerintah Kabupaten Bogor tidak bisa bekerja sendiri.

"Semua pihak harus terlibat dalam mengatasi pencemaran," kata Ade Yasin saat menghadiri Bulan Pengurangan Risiko Bencana Tingkat Kabupaten Bogor tahun 2019, di Sekolah Dasar El-Salam, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor,  Selasa, 8 Oktober 2019. 

Ade Yasin juga sempat melakukan penelusuran sungai Cileungsi. Diawali dengan berjalan kaki dari bawah Jembatan Pasar Desa Bojongkulur, Gunung Putri, ia dan rombongan melanjutkan penelusuran dengan perahu karet.

Ade mengungkapkan, berkaitan dengan sungai cileungsi yang merupakan salah satu bagian dari kehidupan hajat hidup masyarakat, sangat perlu dilakukan langkah melestarikan sungai. 

"Salah satunya berupaya membangun kesadaran menjaga kebersihan sungai dan kepahaman tangguh menghadapi bencana banjir," ujarnya. 

Saat ini, Pemkab Bogor mengutamakan penindakan terhadap perusahaan yang membuat sungai tercemar. Masalah pencemaran ini disebutnya juga sudah menjadi perhatian Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

"Ini kan harus juga dengan BBWS (normalisasi). Kita belum bicara normalisasi, yang penting penindakan dulu terhadap pencemaran sungai. DLH Jawa Barat, Pak Gubernur Jawa Barat, sudah bertemu dengan Ombudsman dan DLH kita juga (DLH Kabupaten Bogor). Pak Gubernur termasuk saya, berusaha untuk mencari pelakunya," kata Ade Yasin.***

Editor: Endah Asih


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X