Minggu, 15 Desember 2019

Polisi Hentikan Aksi 22 Pelaku Pencurian Motor

- 2 Oktober 2019, 14:43 WIB
ILUSTRASI pencurian motor.*/DOK. PR

CIANJUR, (PR).- Jajaran Kepolisian Resor Cianjur berhasil menangkap 22 pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor). Kepolisian bekerja keras untuk mengungkap kasus curanmor dengan berbagai modus yang meresahkan masyarakat itu.

Bersamaan dengan ditangkapnya puluhan pelaku, kepolisian juga mengamankan sejumlah barang bukti. Di antaranya, 2 unit kendaraan roda empat, 28 unit kendaraan roda dua, 44 pasang plat nomor kendaraan, 1 STNK, 5 buah alat perusak, 4 buah mata kunci perusak, 2 buah obeng, 1 gurinda, dan uang tunai Rp 2,8 juta.

“Modusnya ini beragam, mulai dari menggunakan kunci letter T untuk merusak kunci. Kemudian, modus menempel korban, ditendang dan diambil kendaraannya,” ujar Kapolres Cianjur AKBP Juang Andi Priyanto, di Mapolres Cianjur, Rabu 2 Oktober 2019.

Ia mengatakan, hingga saat ini modus menggunakan kunci letter T paling sering dilakukan di Cianjur. Lebih lanjut dikatakan, para pelaku dipastikan beraksi secara berkelompok baik dari Cianjur, Lampung, dan daerah lainnya di Jawa Barat.

“Ada juga pemain lama sebanyak 6 orang. Tugasnya mereka macam-macam, ada yang kerja sama, ada juga yang jadi penadah,” ucapnya.

Para pelaku dijerat Pasal 363 tentang Pencurian dengan Pemberatan, ancaman 7 tahun penjara. Kemudian Pasal 365 KUHP dengan ancaman 7 tahun penjara dan Pasal 480 tentang Penadahan dengan ancaman 4 tahun penjara.

Masyarakat pun diimbau untuk lebih waspada lagi terhadap maraknya pencurian kendaraan itu. Salah satunya dengan meningkatkan keamanan, yakni menggunakan kunci ganda saat memarkirkan kendaraan.


Halaman:

Editor: anef

Tags

Komentar

Terkini

X