Sabtu, 22 Februari 2020

Bencana Kekeringan Terus Meluas, Pemda Pangandaran Gelar Salat Istisqo

- 24 September 2019, 22:07 WIB
RATUSAN warga ikut melaksanakan sholat sunat istisqo digelar di lapangan alun-alun Parigi untuk mendoakan untuk meminta hujan, Selasa, 24 September 2019.*/AGUS KUSNADI/KP

PANGANDARAN,(PR).-Pemerintah Daerah Kabupaten Pangandaran, DPRD dan Kementerian Agama serta ratusan warga menggelar salat istisqa untuk meminta hujan di lapangan alun-alun Parigi, Selasa, 24 September 2019.

Tampak Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata bersama Wakil Bupati H Adang Hadari, Ketua DPRD Kab Pangandaran Asep Noordin, Kepala Kementerian Agama H Cece Hidayat berserta jajarannya, Ketua MUI Kab Pangandaran Kh Otong Aminudin, anggota TNI dan Polri, tokoh agama dan tokoh masyarakat berada ditengah-tengah ratusan warga meneteskan air mata saat berdoa untuk meminta hujan

Menurut Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata, sudah setengah tahun lebih lamanya hampir seluruh wilayah di Kabupaten Pangandaran mengalami kekeringan dan kesulitan untuk mendapatkan air bersih sehingga banyak warga yang membutuhkan pasokan air bersih.

Jeje mengatakan, pemerintah daerah sudah mendistribusikan bantuan sebanyak sekitar satu juta liter air bersih kepada warga yang daerahnya di landa kekeringan.

Menurut Jeje, salah satu faktor kekeringan yang luar biasa terjadi di hampir di seluruh wilayah Kab Pangandaran saat musim kemarau panjang adanya kurang keseimbangan lingkungan dengan kondisi hutan yang gundul dan sungai-sungai yang sudah banyak di timbun.

"Mudah-mudahan hari ini menjadi pembelajaran. Kita semua untuk terus meningkatkan ketakwaan dan keimanan pada Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Allah menciptakan alam ini dengan segala keseimbangannya ada sungai dan ada gunung yang harus ditanami oleh pohon yang besar untuk menahan air," ujarnya.

Dirinya menilai bencana kekeringan ini menjadi PR kita semua, terutama pemerintah daerah dan DPRD untuk membuat langkah-langkah dalam rangka perlindungan terhadap kelestarian alam kepada siapapun. "Saya dan Pak Wabup tidak akan mampu mengatasinya tanpa adanya kebersamaan, dan menjaga kelestarian alam tentu menjadi kewajiban kita semua," ucapnya.

Jeje mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga alam di Pangandaran sehingga keseimbangan alam tetap terjaga dengan baik. "Untuk kebutuhan air bersih, kami sudah menurunkan bantuan memberikan air bersih sekitar 1 juta liter air bersih kepada warga yang dilanda kekeringan. Saya melihat di kampung-kampung sudah banyak antrian jerigen. Maka hari ini kita berdoa kepada Allah SWT agar diturunkan hujan berkah," ujarnya.

Jeje juga menyamoaikan, untuk memenuhi kebutuhan di Kab Pangandaran, pemerintah daerah akan menambah 2 unit kendaraan Damkar dan kendaraan tanki air serta beberapa alat berat di tahun anggaran 2020 besok.

Halaman:

Editor: Eva Fahas

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X