Selasa, 25 Februari 2020

Ribuan Keluarga di Sumedang Belum Nikmati Aliran Listrik

- 19 September 2019, 22:15 WIB
ILUSTRASI listrik.*/CANVA

SUMEDANG,(PR).- Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir, menginformasikan bahwa jumlah keluarga di Sumedang yang rumahnya belum terpasang sambungan listrik, hanya tinggal 4.000 kepala keluarga (KK) lagi.

Sebab, 3.000 KK di antaranya, kini sudah mendapat bantuan sambungan listrik gratis dari CSR perusahan-perusahan yang bergerak di sektor Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

"Sesuai data yang kami miliki, jumlah keluarga di Sumedang yang rumahnya belum terpasang listrik itu sebanyak 7.415 KK. Karena yang 3.000 KK sudah mendapat bantuan Program sambungan listrik gratis, berarti sisanya tinggal 4.000-an KK lagi," kata Dony, saat menghadiri acara penyerahan bantuan Program Sambungan Listrik Gratis, kepada masyarakat di Dusun Ciulur, Desa Tarunamanggala, Kec. Cimalaka.

Dalam acara penyerahan bantuan CSR sambungan listrik gratis dari PT Cikarang Listrindo, yang diserahkan oleh Dirjen Kelistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana itu, Bupati Dony, menyampaikan bahwa rasio elektrifikasi di Kabupaten Sumedang, kini sudah mencapai lebih dari 99 persen.

Dengan demikian, berarti sisanya akan menjadi tanggung jawab bersama antara Kementerian ESDM, Pemerintah Provinsi dan Pemkab Sumedang.

"Dengan adanya bantuan ini, berarti hanya sedikit lagi yang belum. Mudah-mudahan yang 4000 KK ini juga di bulan Desember 2019 nanti sudah dapat terpenuhi. Sumbernya, bisa dari APBD Kabupaten, Provinsi, atau bisa juga melalui CSR seperti ini," kata Donya.

Tepat sasaran

Sementara itu, Dirjen Kelistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana, mengatakan bahwa kedatangannya ke Sumedang tiada lain untuk memastikan kalau Program Sambung Listrik Gratis bisa berjalan lancar dan tepat sasaran.

"Ini dalam rangka mewujudkan energi yang berkeadilan. Artinya, energi listrik bisa dinikmati oleh seluruh rakyat Indonesia, termasuk rumah tangga yang tidak mampu," ujarnya kepada wartawan Kabar Priangan Taufik Rochman.

Halaman:

Editor: Gugum Rachmat Gumilar

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X