Rabu, 11 Desember 2019

Oktober, Uji Coba Kereta Cibatu-Garut

- 15 September 2019, 23:39 WIB
SALAH satu warga terdampak program reaktivasi jalur kereta api Cibatu-Garut sedang membongkar rumahnya tak jauh dari lokasi Stasiun Garut.*/AEP HENDY/KABAR PRIANGAN

GARUT, (PR).- Tak lama lagi sarana angkutan umum kereta api (KA) akan hadir di Kabupaten Garut. Hal ini menyusul program reaktivasi pemerintah pusat melalui PT KAI untuk sejumlah jalur KA di Jawa Barat termasuk di Garut yang sebelumnya sempat ditutup.

Di Kabupaten Garut, reaktivasi untuk tahap awal diberlakukan di jalur Cibatu-Garut. Rencananya, akhir tahun ini pembangunannya sudah selesai sehingga jalur sarana angkutan KA sudah dapat dioperasikan.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) serta mayoritas masyarakat Garut sangat menyambut baik program reaktivasi tersebut. Mereka berharap kehadiran sarana angkutan KA bisa lebih mempermudah kebutuhan transportasi untuk lebih menunjang aktivitas warga Garut.

Bupati Garut, Rudy Gunawan berharap pengoperasionalan KA di Garut bisa berjalan sesuai rencana yakni mulai awal tahun depan. Namun Rudy berharap KA yang dioperasionalkan di Garut bisa diberi nama yang identik dengan Garut.

"Kalau saya berharap nama kereta yang nanti akan dioperasikan di Garut ini namanya identik dengan Garut. Hal ini biar warga Garut mempunyai kebanggaan tersendiri," ujar Rudy, Minggu 15 September 2019.

Menurut Rudy, pihaknya akan mengajukan agar nama salah satu gunung yang ada di Garut bisa menjadi nama kereta. Adapun nama yang akan diajukan bisa saja Guntur, Cikuray, atau Papandayan.

Apalagi, tutur Rudy, keberadaan sarana angkutan umum KA di Garut ini selain diharapkan bisa meningkatkan taraf perekonomian warga juga bisa lebih meningkatkan kunjungan wisata. Sebagaimana diketahui, tiga gunung yang ada di Garut itu juga merupakan destinasi wisata yang banyak diminati.

Selain mengajukan nama kereta, Rudy juga akan meminta jurusan khusus kepada PT KAI. Ia berharap PT KAI bisa membuka jurusan Garut-Jakarta saat kereta beroperasi.

"Kami juga akan minta kepada PT KAI untuk membuka jalur khusus dari Garut ke Jakarta. Saya pernah naik Kereta Pangandaran dari Cibatu ke Jakarta, sangat nyaman,"
katanya.


Halaman:

Editor: anef

Tags

Komentar

Terkini

X