Jumat, 29 Mei 2020

Heboh, Tanah di Dusun Cirendang Keluarkan Asap Berbau Gas 

- 13 September 2019, 21:45 WIB

SUMEDANG,(PR).- Lapisan tanah di perbukitan Blok Gunung Dawuan, Dusun Cirendang Desa Jembarwangi Kecamatan Tomo, kini tiba-tiba saja mengeluarkan asap yang disertai bau gas mirip elpiji.

Bahkan menurut informasi, suhu di sekitar lokasi kejadian itu pun kini dirasakan lebih panas dari biasanya. Padahal areal tersebut bukanlah lokasi tambang ataupun pegunungan aktif seperti halnya gunung-gunung berapi.

Kemunculan asap di Blok Gunung Dawuan itu, sontak membuat heboh warga di sekitarnya. Sebab, kejadian seperti itu memang tidak pernah terjadi sebelumnya.

Informasi soal munculnya asap pada lapisan tanah di lereng bukit Blok Gunung Dawuan ini, dibenarkan Sekretaris Desa Jembarwangi, Eman Suherman. Malah menurut Eman, pihaknya bersama Unsur Forkopimka Kec. Tomo dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sudah melihat langsung ke lokasi.

"Dan sesuai hasil investigasi tersebut, ternyata benar kalau lapisan tanah di lereng bukit ini mengeluarkan asap yang disertai bau gas," kata Eman, Jumat 13 September 2019.

Terkejut

Dijelaskan Eman, fenomena alam yang terjadi lereng bukit Blok Gunung Dawuan ini, awalnya ditemukan oleh Caryadi salah seorang RT di Dusun Cirendang.
Penemuan ini, bermula ketika Caryadi akan mengambil bambu di kebunnya, Kamis 12 September 2019 sekira pukul 06.00 pagi.

"Jadi pada saat Pa RT mau ngambil bambu ke kebunnya, dia melihat ada kepulan asap di lereng bukit. Awalnya dia mengira ada orang yang sedang membakar sampah," ujar Eman.

Karena penasaran, lanjut Eman, maka Caryadi pun akhirnya mencoba untuk mendekati titik lokasi kepulan asap itu. Namun ketika sampai ke lokasi, dia langsung terkejut, karena kepulan asap itu ternyata bukan bersumber dari api pembakaran, melainkan keluar dari tanah.

"Pa Rt juga saat itu langsung kaget. Karena ternyata asap itu keluarnya dari tanah, bahkan asapnya juga mengeluarkan bau mirip gas elpiji," katanya.

Halaman:

Editor: anef


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X