PDIP Optimistis Menang Pilkada di 5 Kabupaten/Kota 

- 7 September 2019, 20:24 WIB
PDIP menyiapkan strategi untuk memenangkan pilkada di kabupaten dan kota Jawa Barat.*/ENGKOS KOSASIH/GALAMEDIA

SOREANG, (PR).- PDI Perjuangan (PDIP) menargetkan kemenangan di 5 kabupaten/kota pada pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak di Jawa Barat 2020 mendatang, dari 8 kabupaten/kota yang melaksanakan pesta demokrasi tersebut. Delapan kabupaten/kota itu, yakni Kabupaten Bandung, Cianjur, Sukabumi, Karawang, Indramayu, Tasikmalaya, Pangandaran dan Kota Depok. Target kemenangan itu sesuai dengan yang diungkapkan DPP PDI Perjuangan. 

"Kita optimistis bisa tercapai. Kita harus semangat untuk melakukan perubahan," kata Ketua DPD PDI Perjuangan Ono Suroni kepada wartawan di sela-sela kunjungan DPD PDI Perjuangan Jawa Barat dalam rangka konsolidasi Pilkada tahun 202O di Aula Sekretariat DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bandung Jalan Jaksa Naranata Baleendah, Sabtu 7 September 2019. 

Optimis untuk meraih kemenangan pada pilkada itu, lanjut Ono, mengingat PDI Perjuangan memiliki kader partai yang saat ini menjadi incumbent kepala daerah. Di antaranya, di Kabupaten Pangandaran dan Tasikmalaya. 

"Sementara di enam kabupaten dan kota yang tak punya incumbent, berusaha untuk menemukan figur atau tokoh partai untuk berkoalisi memenangkan pertarungan. Sebenarnya, PDI Perjuangan simple, mengusung figur dengan memperhatikan elektabikitas dan popularitas. Apakah nantinya siap di nomor satu atau nomor 2, kita fleksibel dan terbuka," ungkapnya.

Melawan dinasti 

Sementara untuk di Kabupaten Bandung dan Indramayu, kata Ono, karena berhadapan dengan pola dinasti, pihaknya akan menyiapkan figur yang kuat untuk melawan dinasti. 

loading...

Ono pun mengungkapkan, pola dinasti dalam kepemimpinan kepala daerah di Kabupaten Bandung,  tak menutup kemungkinan masih berjalan dan itu dikembalikan lagi kepada masyarakat dan sekitarnya. 

"Pola dinasti cukup mengangkat isu dasar berkaitan dengan kesejahteraan rakyat. Saya pikir, pola dinasti terus berjalan di Kabupaten Bandung tak berhasil menekan angka kemiskinan, meningkatkan kesejahteraan, meningkatkan pendidikan dan infrastruktur," tuturnya. 

Untuk mengubah pola dinasti dalam pemerintahan, kata Ono, "Inilah saatnya masyarakat Kabupaten Bandung melakukan perubahan. Pola dinasti tidak kembali menang pada pilkada. PDI Perjuangan punya kekuatan untuk mengubah Kabupaten Bandung lebih baik lagi," katanya. 

Lebih lanjut Ono mengungkapkan, jelang pelaksanaan pilkada serentak 2020 di Jawa Barat, PDI Perjuangan secara terbuka sudah membuka pendaftaran bursa calon kepala daerah. Bukan hanya untuk kader partai, pemdaftaran itu untuk seluruh masyarakat di Jabar. Pendaftaran bursa bakal calon kepala daerah, baik bupati maupun wakil bupati serta wali kota maupun wakil wali kota itu dibuka sejak 1 sampai 20 September 2019.

Halaman:

Editor: anef


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X