Minggu, 31 Mei 2020

Tasikmalaya Punya Dua Jembatan Akar Penuh Pesona

- 6 September 2019, 14:25 WIB
JEMBATAN akar di Kampung Tanglar, Desa Tenjonegara, Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya, Sabtu 31 Agustus 2019. Jembatan berusia 200 tahun tersebut menjadi salah satu destinasi wisata di Tasikmalaya.*/BAMBANG ARIFIANTO/PR

JEMBATAN akar pohon bukan hanya hanya ada di wilayah Baduy, Banten. Kabupaten Tasikmalaya juga punya dua jembatan serupa. Lokasinya berada di Kecamatan Cigalontang. Dengan bonus pemandangan hamparan sawah, keasrian alam, dan keramahan warga, pengunjung bisa menjajal dua jembatan di Tasikmalaya tersebut.

Wartawan Pikiran Rakyat Bambang Arifianto menyambanginya, Sabtu 31 Agustus 2019. Perjalanan dimulai dari Kota Tasikmalaya dengan mengarah ke Singaparna. Butuh waktu sekira sejam untuk tiba di wilayah yang menjadi pusat pemerintahan Kabupaten Tasikmalaya it dengan menggunakan sepeda motor.

Perjalanan selanjutnya memasuki Jalan Raya Cigalontang dengan berbelok ke kanan dari Singaparna menuju Mangunreja. Plang Jalan Cigalontang jelas terpampang di tepi jalan.

Medan jalan mulai berkelok dan naik-turun hingga tiba di jembatan yang mengarah ke Desa Tenjonegara, Kecamatan Cigalontang. Selepas menempuh rute mendaki dan menurun, perjalanan berakhir di Kampung Tataru, Desa Tenjonegara.

Jembatan akar Kampung Tataru berada di bawah kampung tersebut. Kaki dilangkahkan menyusuri jalan setapak beralas tanah lantaran kendaraan sudah tak bisa melintasinya. Kendati masih berupa jalan setapak, warga telah menatanya dengan cukup baik.

Mereka membuka undak-undakan sehingga jalan tanah itu mirip tangga. Hanya sekira 7 menit berjalan menuruni lembah dengan hamparan sawah di kanan dan kirinya, jembatan akar terbentang di depan mata.

Meskipun tak terlalu panjang, akar-akar pepohonan saling melilit kuat menjadi landasan warga yang melintas. Di bawahnya, mengalir Sungai Cibangun dengan  batu-batu bertonjolan.

Halaman:

Editor: Yusuf Wijanarko


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X