Jumat, 13 Desember 2019

Dengan Menulis, Guru Berkontribusi Meningkatkan Kualitas Pendidikan

- 29 Agustus 2019, 23:31 WIB
ILUSTRASI.*/CANVA

SUKABUMI, (PR).- Kemauan dan kemampuan guru untuk mengungkapkan realitas dan problematika dunia pendidikan yang dijalani sehari-hari menjadi kontribusi penting peningkatan kualitas pendidikan.

Seorang guru yang menulis masalah faktual yang dihadapi menjadikan tulisannya memiliki orisinalitas permasalahan sekaligus solusi yang ditawarkan.

Hal itu menjadi benang merah yang mengemuka pada Pelatihan Menulis Artikel Populer di Media Massa bagi Guru SMA dan siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama, (SMP) se-Kota Sukabumi. 

Kegiatan itu merupakan bagian dari Pengabdian pada Masyarakat Departemen Ilmu Komunikasi FPIPS Universitas Pendidikan Indonesia bekerja sama dengan Harian Umum Pikiran Rakyat.

Hadir pada kesempatan kali ini, tidak hanya narasumber Karim Suryadi (guru besar UPI), Erwin Kustiman (Wapemred Pikiran Rakyat),  dan Ridwan Effendi (Ketua Departemen Ilmu Komunikasi FPIPS UPI). Tapi disela-sela kegiatan Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi turut menyaksikan pelatihan para guru dan pelajar. 

Achmad Fahmi tidak hanya membuka kegiatan. Tapi meninjau secara seksama pelatihan menulis artikel populer di media massa. Bahkan dia memberikan apresiasi pelatihan menulis bagi guru dan pelajar itu.

"Saya sangat mengapresiasi pelatihan menulis ini. Dan berharap kegiatan pelatihan tidak hanya hari ini saja. Tapi terus berlanjut seiring animo peserta cukup tinggi," katanya.

Menurut salah sumber pelatihan, Karim Suryadi mengatakan keterampilan menulis di media massa harus dimulai dari apa yang paling ingin “dimuntahkan”. Unek-unek atas permasalahan nyata yang dihadapi akan menuntun seseorang untuk bisa lebih mudah merangkai kata demi kata.


Halaman:

Editor: Siska Nirmala

Tags

Komentar

Terkini

X