Rabu, 26 Februari 2020

Ramai Wacana Bergabungnya Bekasi ke DKI Jakarta, Pejabat dan Warga Mendukung

- 19 Agustus 2019, 17:20 WIB
PEMBANGUNAN Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Jalan Tol Jakarta-Cikampek di kawasan Jatimulya, Bekasi, Jumat 9 Agustus 2019.*/ANTARA

BEKASI, (PR).- Wacana bergabungnya Kota Bekasi secara administratif ke Pemerintah DKI Jakarta mengemuka dalam sepekan terakhir. Pro dan kontra bermunculan terhadap wacana yang pertama kali disampaikan Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi tersebut.

Dia mengatakan, Kota Bekasi telah mendapat tawaran untuk bergabung ke DKI Jakarta. "Tawaran menjadi (bagian administratif) DKI Jakarta Tenggara, Bekasi yang dianggap cocok," kata Rahmat Effendi, Senin 19 Agustus 2019.

Akan tetapi, untuk kelanjutannya, Rahmat Effendi menyerahkan keputusan kepada warga Kota Bekasi.

"Terserah masyarakat maunya seperti apa karena bukan kapasitas saya menentukan harus bagaimana," katanya.

Selain menyampaikan wacana seputar tawaran bergabung dengan DKI Jakarta, Rahmat Effendi sempat menyinggung wacana pendirian Pemerintah Provinsi Bogor Raya yang digaungkan Wali Kota Bogor Bima Arya dan Bupati Bogor Ade Yasin.

“Kalau Bogor mewacanakan Bogor Raya, saya mewacanakan Provinsi Pakuan Bhagasasi. Pakuan Bhagasasi itu Karawang, Bekasi, Depok, Bogor, kalau mau ambil Cianjur. Karena dari daerah irisan tata ruang dan pemetaaan. Apalagi kalau nanti umpamanya menjadi bagian dari sinergitas kemitraan dengan DKI Jakarta, luar biasa perkembangan tata ruangannya,” katanya.

Dalam konsep Pakuan Bhagasasi, Rahmat Effendi melihat potensi APBD yang dimiliki bisa mencapai setengah dari APBD Provinsi Jawa Barat saat ini. Kendati demikian, dia tidak dalam kapasitas menyatakan perlu tidaknya pemekaran Provinsi Jawa Barat.

Dukungan DPRD dan warga

Anggota DPRD Kota Bekasi petahana Chairoman Juwono Putro sepakat dengan Wali Kota Bekasi agar tawaran bergabung dengan DKI Jakarta diserahkan ke masyarakat. Namun, secara pribadi dia lebih cenderung agar Kota Bekasi menjadi bagian Pemprov DKI Jakarta daripada tetap bergabung dengan Jawa Barat.

Halaman:

Editor: Yusuf Wijanarko

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X