Rabu, 19 Februari 2020

Mekarmukti Disiapkan Sebagai Ibu Kota Garut Selatan

- 10 Agustus 2019, 07:12 WIB
WAKIL Bupati Garut, Helmi Budiman saat melakukan peninjaun di wilayah selatan Garut. Helmi merasa optimis Garut Selatan bisa berkembang dan layak menjadi daerah otonomi baru (DOB).*/AEP HENDY/KABAR PRIANGAN

GARUT, (PR).- Pemkab Garut terus melakukan sejumlah persiapan dalam rangka rencana pemekaran Garut Selatan dari Kabupaten Garut. Pembangunan sejumlah sarana infrastruktur di wilayah selatan pun sudah disiapkan.

Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman menyebutkan pembangunan sejumlah sarana infrastruktur yang akan dilakukan di wilayah selatan Garut merupakan bentuk keseriusan Pemkab Garut dalam upaya mendorong dilaksanakannya pemekaran Garut Selan dari Kabupaten Garut. Ia menilai Garut Selatan memang sudah layak menjadi daerah otonomi baru (DOB) karena memang telah memenuhi berbagai persyaratan sebagaimana yang telah ditentukan.

Dikatakannya, infrastruktur yang segera akan dibangun di wilayah selatan di antaranya pendopo dan rumah sakit. Untuk pendopo akan dibangun di wilayah Kecamatan Mekarmukti yang telah ditetapkan sebagai ibu kota dan pusat pemerintahan Kabupaten Garut Selatan

"Sedangkan untuk rumah sakit, kita akan bangun di wilayah Kecamatan Bungbulang. Hal ini bertujuan untuk lebih memudahkan warga yang ada di wilayah barat Garut selatan dalam menadapatkan pelayanan kesehatan karena untuk yang ada di wilayah timur sudah ada Rumah Sakit Pameungpeuk," ujar Helmi di ruang kerjanya, Jumat 9 Agustus 2019.

Menurutnya, pembangunan pendopo Garut Selatan ini akan mulai dilaksanakan tahun 2020 yang lokasinya tak jauh dari kawasan Masjid Al Jabar yang dibangun Pemprov Jabar. Keberadaan pendopo dianggap sangat penting karena akan menjadi simbol pemerintahan sehingga harus dibangun secepatnya.

Masih di sekitar lokasi yang sama tutur Helmi, juga akan dibangun kawasan pemerintahan. Lokasi itu dianggap sangat cocok karena pendopo dan pusat pemerintahan juga bisa mendampingi Masjid Al Jabar.

Sangat memadai

Ditanya terkait persyaratan pembentukan DOB, Helmi menilai Garut Selatan sudah sangat memadai. Selain jumlah penduduknya yang telah mencapai 600 ribu jiwa, luas wilayahnya pun memanjang dari barat ke timur.

Disampaikannya, upaya pembangunan infrastruktur di wilayah selatan juga sekaligus sebagai upaya pemerataan pembangunan. Jika sudah ada fasilitas infrastruktur yang memadai, tentu tidak akan begitu repot lagi ketika pemekaran akan dilaksanakan.

"Tak hanya disiapkan dalam segi pembangunan infrastrukturnya saja, kita juga dukung dengan sektor pendidikannya mulai dari SD sampai perguruan tinggi. Ada beberapa upaya juga dari masyarakat untuk mendirikan sekolah dan kampus di wilayah selatan dan itu tentu sangat baik," katanya.

Halaman:

Editor: anef

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X