Selasa, 25 Februari 2020

TAPD Karawang Ajukan Anggaran Rp 140 Miliar untuk Pilkada 2020

- 9 Agustus 2019, 21:27 WIB
ILUSTRASI pilkada.*

KARAWANG, (PR).- Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) mengajukan kebutuhan biaya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Karawang 2020 sebesar Rp 140 miliar. Sementara, pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat mengkalkulasi anggaran Pilkada mendatang hanya butuh Rp 79 miliar.

Ketua TAPD yang juga Sekretaris Daerah Karawang, Acep Jamhuri, mengaku estimasi biaya Pilkada sebesar Rp 140 miliar berdasarkan hasil rapat pihak terkait. "Semua dilibatkan termasuk KPU, Bawaslu, pihak pengamanan dari kepolisian dan TNI, serta Satpol PP.  Bahkan Kesbangpol dilibatkan juga untuk menghitung estimasi anggran Pilkada," kata Acep Jamhuri, Jumat, 9 Agustus 2019.

Saat disinggung tentang perbedaan angka yang cukup menyolok itu, Acep Jamhuri belum bersedia berkomentar banyak. Dia hanya berasumsi, perhitungan KPU belum termasuk biaya pengamanan dan kebutuhan operasional Bawaslu. "Mungkin KPU hanya menghitung kebutuhan KPU dalam menjalankan tahapan Pilkada Karawang 2020. Padahal, pengamanan dan pengawasan juga membutuhkan biaya besar," kata Acep.

Sebelumnya, Ketua KPU Karawang, Miftah Farid menyebutkan, kebutuhan anggaran untuk pelaksanaan tahapan Pilkada Karawang 2020 hanya sekitar Rp 79 miliar. Dari total kebutuhan sebesar itu, Rp 5 miliar di antaranya sudah diajukan ke TAPD agar dianggarkan pada APBD Perubahan 2019. "Di 2019 sudah ada tahapan Pilkada yang harus dilaksanakan. Oleh sebab itu anggarannya harus disediakan tahun ini juga. Tidak mungkin menggunakan dana talang," kata Farid.***


Editor: Eva Fahas

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X