Jumat, 13 Desember 2019

Status Gunung Galunggung Normal, Warga Tasikmalaya Diimbau Tetap Waspada

- 5 Agustus 2019, 18:40 WIB
ILUSTRASI.*/CANVA

SINGAPARNA, (PR).- Meskipun Gunung Tangkuban Parahu mengalami erupsi dan gempa yang berpusat di Banten terjadi belum lama ini, Gunung Galunggung di Kabupaten Tasikmalaya masih berstatus normal. Walau demikian, masyarakat tetap mesti berhati-hati lantaran bencana alam akibat aktivitas gunung berapi  tak bisa diprediksi.

"Galunggung masih di status normal, kegempaannya masih didominasi tektonik jauh," kata ‎ Petugas Pengamat Gunung Api Galunggung, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi(PVMBG), Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral  Yudi Juhara saat ditemui di pos pengamatan Gunung Galunggung, Padakembang, Kabupaten Tasikmalaya, Senin, 5 Agustus 2019.

Gempa tektonik terjadi bukan karena aktivitas dapur magma Galunggung dengan sumbernya berasal dari luar gunung tersebut, seperti di Pangandaran dan Banten beberapa waktu lalu.  Demikian pula dengan erupsi Tangkuban Parahu. Menurut dia, erupsi itu tidak memicu hal serupa di Galunggung. "Masing-masing gunung punya dapur magma sendiri," ujarnya.

Walau begitu, masyarakat harus tetap berhati-hati karena bencana alam akibat aktvitas vulkanik gunung berapi tak bisa diramalkan. Para peneliti, lanjut Yudi, menyebut Galunggung punya siklus letusan 30-60 tahunan. "Tetapi kita tidak tahu, namanya alam," tuturnya.

Gempa vulkanik dalam sempat tercatat dan terekam petugas pos pengamatan Galunggung pada 1 Agustus 2019. Gempa tersebut terjadi satu kali serta bersumber dari aktivitas magma Galunggung "Amplitudo 2,03 lama gempanya 13,57 detik," ucap Yudi terkait kekuatan gempa.

Kendati tak menjadi indikasi bahaya, petugas melarang pengunjung turun ke danau kawah. Pengunjung hanya diperbolehkan naik hingga bibir kawah.

"Masih riskan dengan longsor di bagian tebing barat daya," ujar Yudi mengenai musabab larangan tersebut. Selain itu, pengunjung ditakutkan menghirup gas-gas yang berbahaya jika berada di area danau kawah.

Informasi mengenai kondisi Galunggung pun rutin disampaikan kepada aparat kecamatan, Polsek dan BPBD.


Halaman:

Editor: Siska Nirmala

Tags

Komentar

Terkini

X