Rusak Parah Pascagempa, SD Puspasari di Tasikmalaya Tak Juga Diperbaiki

- 25 Juli 2019, 08:05 WIB
Sejumlah siswa melintasi ruang kelas yang rusak SD Negeri Puspasari, Kampung Cipari, Desa Sundawenang, Kecamatan Salawu, Rabu, 24 Juli 2019. Rusak karena gempa, bangunan sekolah tersebut tak kunjung diperbaiki.*/BAMBANG ARIFIANTO/PR

SINGAPARNA, (PR).- Rusak berat karena gempa beberapa tahun lalu, sejumlah ruang kelas di SD Negeri Puspasari, Kampung Cipari, Desa Sundawenang, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya tak tersentuh perbaikan. Sebagian siswa pun terpaksa belajar di teras sekolah. Siswa lain bertaruh nyawa dengan belajar di kelas yang rentan ambruk.

Pantauan Pikiran Rakyat, bangunan SD Puspasari tampak sudah tak laik digunakan untuk kegiatan belajar mengajar. Satu ruang kelas bahkan tak memiliki atap.

Sebagai gantinya, pihak sekolah membentangkan terpal di bagian atas agar ruangan itu masih bisa berfungsi sekadarnya.

Kepala Sekolah SD Puspasari Agus Permana menuturkan, kerusakan bermula saat gempat melanda Tasikmalaya sekira 2-3 tahun lalu. Meskipun telah diusulkan berkali-kali  ke Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya, upaya perbaikan dan pembangunan ruang kelas baru tak kunjung dilakukan. 

Perhatian pemerintah hanya sebatas saat gempa terjadi dan beberapa hari kemudian dengan meninjau lokasi. "Setelah itu tidak ada kelanjutan dan realisasi," ucap Agus saat ditemui Pikiran Rakyat di ruang guru SD Puspasari, Rabu, 24 Juli 2019.

loading...

Dari total 8 ruang kelas, 5 rusak berat dan 3 rusak ringan. Tiga ruang kelas bahkan sudah tak difungsikan guna kegiatan belajar.

Selain sudah tak memiliki atap, terdapat pula ruang-ruang kelas yang rentan ambruk lantaran kayu penyangga telah lapuk dengan kondisi tembok retak. Jamban sekolah dan rumah dinas kepala sekolah juga setali tiga uang.

Dari 3 jamban, hanya 1 yang bisa dipakai. Sementara rumah dinas akhirnya bisa direnovasi berkat urunan orang tua siswa. Rencananya, rumah dinas itu bakal difungsikan sebagai musala sekolah.

Halaman:

Editor: Endah Asih


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X