Jumat, 10 April 2020

Sedekah Sampah Hari Pertama di Pemkot Bekasi Kumpulkan 1,3 Ton Sampah Anorganik

- 22 Juli 2019, 21:40 WIB
PROGRAM

BEKASI, (PR).- Sampah anorganik seberat 1,3 ton terkumpul pada hari pertama berlangsungnya program "Sedekah Sampah" yang dicanangkan Pemerintah Kota Bekasi, Senin, 22 Juli 2019. Konsistensi pelaksanaan program ini ditargetkan bisa berkontribusi pada pengurangan sedikitnya 30 persen sampah yang berakhir di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sumur Batu.

Aktivitas pengumpulan sampah anorganik yang dipusatkan di depan Balai Patriot berlangsung sejak pukul 06.00. Selama tiga jam, pegawai dari berbagai instansi di lingkup Pemerintah Kota Bekasi terlihat hilir mudik di sekitar titik kumpul sampah yang dikoordinasikan Bank Sampah Induk Patriot.

Instansi yang berkantor di kompleks Pemkot Bekasi Jalan Ahmad Yani cukup mengutus sejumlah pegawainya membawa berkarung-karung sampah anorganik yang telah terpilah. Sementara, instansi yang berkantor di luar kompleks mengangkut hasil pengumpulan sampah menggunakan mobil.

Seperti yang dilakukan Fahmi beserta empat rekan kerjanya. Pegawai di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu itu mengangkut total sampah anorganik seberat 102 kilogram.

"Ini hasil mengumpulkan sampah di kantor yang pegawainya sekitar 210 orang. Beberapa ada juga yang bawa sampah dari rumah, semisal botol plastik juga kardus," katanya.

Sampah-sampah yang terkumpul tersebut lalu diangkut Bank Induk Sampah Patriot untuk dikelola. "Sampahnya akan kami sortir lagi sesuai jenisnya agar bisa mendatangkan manfaat ekonomi lebih besar," kata Direktur BSIP, Endang Truni Treananingtyas.

Jika tidak dilakukan penyortiran, kata dia, sampah anorganik yang akan dijual ke rekanan kerja sama BSIP hanya dihargai Rp1.000 setiap kilogramnya. Namun jika telah disortir, nilai jualnya lebih tinggi, apalagi jika telah dicacah.

"Tapi kalau dicacah butuh waktu juga lahan tambahan, sehingga selama ini sampah anorganik yang berhasil kami kumpulkan biasanya dijual setelah tersortir. Dalam program ini, hasil penjualan sampah akan disedekahkan untuk biaya operasional bank sampah," kata Endang.

Halaman:

Editor: Vebertina Manihuruk

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X