Rabu, 11 Desember 2019

Pemkot Bekasi Berlakukan Sedekah Sampah untuk Atasi Masalah Sampah

- 21 Juli 2019, 21:54 WIB
ILUSTRASI Sampah.*/REUTERS

BEKASI, (PR).- Pemerintah Kota Bekasi mulai menggulirkan program "Sedekah Sampah" mulai Senin, 22 Juli 2019. Seluruh aparatur diharuskan menyetor sampah anorganik yang nantinya akan dikelola Bank Sampah Induk Patriot.

"Ini merupakan salah satu upaya memerangi sampah di Kota Bekasi," kata Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Kustantinah, Minggu, 21 Juli 2019.

Pada tahap awal, program ini diberlakukan di lingkungan kantor Pemerintah Kota Bekasi di Jalan Ahmad Yani. Setiap Senin, pada pukul 06.00 - 09.00, penyetoran sampah dilakukan di depan gedung Balai Patriot sebelum dan sesudah apel. Hasil akumulasi di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah.

"Hanya sampah anorganik yang diterima, tapi bentuknya boleh macam-macam, bisa kertas, kardus, botol, plastik, dan lainnya. Bahkan minyak jelantah pun bisa diterima," kata Kustantinah.

Sampah yang terkumpul selanjutnya ditimbang dan dikirim ke Depo Bank Sampah Induk Patriot untuk dikelola dan diolah. Akumulasi jumlah sampah yang terkumpul akan diumumkan pada kesempatan apel pekan berikutnya.

"Intinya program ini mendorong aparatur turut menjaga kebersihan. Mulai dari mengelola sampah menjadi produk bermanfaat melalui program 'Sedekah Sampah' demi mewujudkan Kota Bekasi yang bersih," katanya.

Selain di kalangan aparatur, upaya meminimalisir sampah juga diberlakukan di kalangan pedagang yang berniaga di lingkungan Pemkot Bekasi. Pedagang sudah diimbau untuk menghindari penggunaan wadah sekali pakai seperti styrofoam, juga meminimalisir pengggunaan plastik yang berupa gelas dan kantong.

Setelah program diberlakukan di lingkungan Pemkot Bekasi, program yang sama juga telah diserukan untuk diimplementasikan pula di tingkat kecamatan dan kelurahan. Setelahnya, program yang sama diberlakukan sampai ke skala RT/RW.


Halaman:

Editor: Vebertina Manihuruk

Tags

Komentar

Terkini

X