Minggu, 15 Desember 2019

21 Wajah Baru Mengisi Kursi DPRD Ciamis

- 19 Juli 2019, 19:03 WIB
KOMISIONER Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ciamis menandatangani berita acara penetapan perolehan kursi partai politik dan penetapan nama terpilih anggota DPRD Ciamis hasil pemilu 2019, Jumat 19 Juli 2019. Penandatangan disaksikan oleh ketua partai serta Bawaslu. Dari 50 anggota terpilih, 21 di antaranya adalah anggota baru, dan 29 petahana.*/NURHANDOKO WIYOSO/PR

CIAMIS,(PR).- Komisi Pemilihan Umum ((KPU) Kabupaten Ciamis akhirnya menetapkan perolehan kursi partai politik dan calon terpilih anggota DPRD Ciamis hasil pemilu 2019. Dari 50 kursi yang diperebutkan, terdapat 21 wajah baru dan 29 petahana.

Rapat pleno terbuka KPU tersbeut berlangsung Jumat  19 Juli 2019 di Hotel Tyara, Ciamis. Selain Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Ciamis, tampak hadir ketua partai politik (parpol) serta calon terpilih. Meyaksikan rapat penetapan Wakil kepala Kepolisian Resor (Waka Polres) Ciamis Kompol Lalu Wira Sutriana dan lainnya.

Pantauan di ruang rapat pleno terbuka KPU Ciamis, beberapa pucuk pimpinan partai politik tampak   mengikuti rapat yang dipimpin Ketua KPU Ciamis Agus Fatah Hidayat. Sejak awal hingga akhir rapat berjalan lancar. Tidak ada keberatan dari pihak Bawaslu mapun partai politik. Semuanya setuju dengan perolehan suara dan kursi calon terpilih, sebelum ditetapkan.

Setelah sepakat dengan hasil Pemilu 2019, selanjutnya dilakukan penandatanganan berita acara  tentang perolehan kursi partai politik dan calon terpilih anggota DPRD kabaten Ciamis hasil pemilu 2019. Selain penetapan, KPU juga melakukan penyerahan surat keputusan kepada calon terpilih.

“Hasil penetapan ini selanjutnya diserahkan kepada Gubernur Jabar melalui Bupati Ciamis. Untuk pelantikan, apabila tidak ada perubahan berlangsung pada 5 Agustus,” kata ketua KPU Agus Fatah.

Dia mengungkapkan Kabuoaten Ciamis merupakan salah satu dari 13 kabuoten dan kota yang oleh KPU pusat agar menetapkan perolehan kursi maupun penetapan calon terpilih. Pertimbangan penetapan tersebut, berkenaan dengan tidak ada gugatan terhadap hasil Pemilu 2019 dari Ciamis.

“Kabuoaten Ciamis tidak ada gugatan terhadap hasil pemilu 2019, demikian pula Banjar.  Meskipun tidak ada gugatan, kami juga menunggu hasil MK dan KPU pusat. Untuk daerah lain yang belum menetapkan, mungkin karena masih ada persoalan,” ujarnya.

Hasil penetapan perolehan kursi partai politik Pemilu 2019, dari 16 partai politik yang ada di tatar galuh Ciamis, ada lima partai yang tidak memeroleh kursi.  Sementara itu perolehan kursi paling banyak adalah  PDIP dengan 9 kursi, kemudian Gerindra dan PKS masing-masing meraih 7 kursi.

Selanjutnya Partai Demokrat mendapat 6 kursi, disusul kemudian Partai Golkar, PPP, dan PAN masing-masng mendapat 5 kursi. PKB mendapat 4 kursi kursi. Partai Nasdem dan PBB masing-masing satu kursi.  Dari 50 calon terpilih, sebanyak 29 adalah wajah lama atau petahana, sedangkan 21 wajah baru.***



Editor: anef

Tags

Komentar

Terkini

X