Minggu, 15 Desember 2019

Ahmad Sudarna, Sang Iron Man dari Purwakarta

- 18 Juli 2019, 17:59 WIB
AHMAD Sudarna (memakai topi) menunjukkan alat untuk membuat energi alternatif kepada Kepala Dinas Pendidikan Purwakarta Purwanto (memakai batik).*/ HILMI ABDUL HALIM/PR

SEORANG guru Sekolah Dasar Negeri Karoya 1 Kecamatan Tegalwaru Kabupaten Purwakarta disamakan dengan Tony Stark, tokoh fiksi buatan Stan Lee yang dijuluki Iron Man. Keduanya memiliki kesamaan yang istimewa yakni membuat sumber energi alternatif.

Dalam komik dan filmnya, Tony Stark digambarkan memiliki kepintaran dan kreativitas yang menonjol. Ia mampu menciptakan energi alternatif untuk mengoperasikan kostum baja yang canggih.

Begitu pula dengan guru bernama Ahmad Sudarna (40) yang berhasil menciptakan teknologi pengolahan sampah plastik menjadi bahan bakar minyak. "Tadinya saya bingung melihat sampah banyak berserakan. Jadi saya buat alat untuk menyuling sampah plastik menjadi bahan bakar alternatif," tuturnya, Kamis 18 Juli 2019.

Ahmad menjelaskan, alat tersebut dibuat dari barang-barang yang tak terpakai di sekitar rumahnya seperti kaleng dan pipa besi. Ia terus mengembangkan alat tersebut sejak 2012 dan disempurnakan pada 2014 hingga akhirnya berfungsi secara maksimal saat ini.

"Cara kerjanya cukup sederhana. Kita daur ulang sampah plastik dengan alat pembakar itu. Sampah plastik tersebut dimasukkan ke dalam kaleng dan dipanaskan. Nanti hasilnya berbentuk cair," katanya menyebut proses itu adalah pirolisis.

Secara singkat ia menjelaskan prosesnya ialah sampah plastik dipanaskan menjadi uap kemudian dijadikan cairan seperti minyak. Dari setiap satu kilogram botol plastik, Ahmad mengaku bisa menghasilkan satu liter minyak.

Ahmad mengklaim kualitas minyak dari hasil produksinya itu setara dengan bensin dan solar. Bahkan hasil uji laboratorium yang dilakukan Institut Teknologi Bandung mencatat kadar oktan dari penyulingan tersebut mencapai nilai 85.

Karena itu, minyak tersebut diyakini bisa digunakan sebagai bahan bakar kendaraan bermotor. "Saya sendiri sudah menggunakannya untuk bahan bakar motor," katanya.  

Selain digunakan pribadi, ia juga menjualnya sejumlah ke pengepul.


Halaman:

Editor: ella yuniaperdani

Tags

Komentar

Terkini

X