Minggu, 8 Desember 2019

Uji Terbang N219 di Bandara Nusawiru Dipiloti Oleh Putra Daerah

- 17 Juli 2019, 21:22 WIB
KAPTEN Adi Budi pilot N219 sedang mengecek pesawatnya sebelum diterbangkan dari bandara Nusawiru Cijulang, Rabu, 17 Juli 2019.*/AGUS KUSNADI/KABAR PRIANGAN

PANGANDARAN,(PR).- Pesawat perintis jenis N219 melakukan uji terbang di atas wilayah Kabupaten Pangandaran dan sekitarnya melalui bandara Nusawiru Cijulang, Rabu, 17 Juli 2019.

Pesawat bertuliskan Produk Anak Bangsa Hadir Untuk Negeri di badan pesawat buatan PT Dirgantara Indonesia itu dipiloti oleh seorang Kapten asal putra daerah Kabupaten Pangandaran. 

Adi Budi seorang pilot pesawat perintis N219 mengaku merupakan warga Kab. Pangandaran yang beralamat di Dusun Cibarengkok, Kecamatan Cijulang. 

"Saya asli Cibarengkok Cijulang, dari putra daerah," ungkap Adi beberapa saat sebelum naik ke pesawat di bandara Nusawiru, Rabu, 17 Juli 2019.

Menurut Adi, Pangandaran cocok untuk melakukan pengujian pesawat, pasalnya kalau di Bandung elevasinya tinggi sedangkan untuk di Pangandaran elevasinya selevel. 

"Jadi untuk pengujian pesawat di Nusawiru bagus. Kita gunakan dua pilot, saya dan teman saya," ujar Adi yang mengaku sudah dari sejak tahun 1991 melakukan uji terbang pesawat. 

Adi pernah juga disuruh ngantar pesawat ke Afrika dan Arab Saudi. 

Koordinator Infrastruktur Test Area N219 PT Dirgantara Indonesia, Dedi Suhendi mengatakan, rencana uji terbang pesawat N219 akan dilakukan di Pangandaran selama 3 bulan. 

Menurut Dedi, uji terbang pesawat dinilai kritikal sehingga penerbangan tidak boleh di atas populasi area atau tidak boleh di atas pemukiman warga. 


Halaman:

Editor: anef

Tags

Komentar

Terkini

X