Minggu, 15 Desember 2019

Dr Aqua Dwipayana: Jangan Lelah Ajak Masyarakat Atasi Sampah!

- 17 Juli 2019, 08:33 WIB
null

BOGOR, (PR).- Pakar Komunikasi Dr Aqua Dwipayana menegaskan semua pegiat lingkungan harus berusaha secara optimal untuk menjadi teladan. Di manapun mereka berada yang dimulai dari lingkungan terkecil yakni keluarga, harus terus berupaya jadi role model dan konsisten berbuat baik.

Penegasan itu disampaikan Dr Aqua di depan ratusan peserta Workshop Peningkatan Kualitas Bank Sampah pada Selasa, 16 Juli 2019 yang dilaksanakan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor di hotel Royal Safari Garden, Puncak, Kabupaten Bogor. Bupati Bogor Ade Yasin hadir memberikan sambutan di acara tersebut.

Pada sharing Komunikasi dan Motivasi itu Aqua menyampaikan materi berjudul Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Pengurus Bank Sampah untuk Mengoptimalkan Kinerja. Semua peserta antusias mengikuti sesi hingga akhir kegiatan.

Motivator internasional itu menambahkan sebagai pegiat lingkungan dengan fokus utama mengelola sampah di tempat tinggalnya masing-masing harus banyak sabar. Masalahnya tidak semua warga mau mengikuti ajakan mereka untuk membersihkan sampah-sampah di dekat rumah atau kantornya.

Pengalaman selama ini menurut Dr Aqua masih ada saja warga yang tidak peduli dengan lingkungan. Meski sudah berkali-kali diajak dan diberi contoh membersihkan sampah di sekitar tempat tinggalnya..

"Sebagai pegiat lingkungan harus ekstra sabar menghadapi masyarakat yang tidak disiplin untuk membersihkan sampah-sampah di sekitar tempat tinggal atau kantornya. Terpenting jangan pernah lelah melakukannya. Yakinlah suatu saat kelak kesadaran mereka tentang sampah akan muncul," ungkap Bapak dua anak yang jadwal sharing Komunikasi dan Motivasinya akhir-akhir ini sangat padat.

Saling Belajar

Kepada peserta workshop Dr Aqua menyarankan agar pertemuan selama tiga hari itu, mulai Senin sampai Rabu ini,  15 - 17 Juli 2019, dimanfaatkan secara optimal untuk saling belajar dengan sesama pegiat lingkungan khususnya pengelola bank sampah. Mereka yang banyak punya pengalaman mengelola sampah agar jangan pelit berbagi dengan peserta Workshop.


Halaman:

Editor: Erwin Kustiman

Tags

Komentar

Terkini

X