Minggu, 15 Desember 2019

Gudang PTPN VIII Wangunreja Terbakar, Sejumlah Karyawan Panik

- 16 Juli 2019, 16:12 WIB
PETUGAS pemadam kebakaran dari Satpoldam Subang sedang berusaha memadamkan kebakaran gudang penyimpanan kayu milik PTPN VIII Wangunreja.*/DALLY KARDILAN/GALAMEDIA

SUBANG, (PR).- Tumpukan kayu bakar yang berada di gudang milik Pabrik Pengolahan Karet PTPN VIII Wangunreja, Desa Rawalele Kecamatan Dawuan, Subang hangus terbakar, Selasa 16 Juli 2019 siang. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun kerugian materi mencapai puluhan juta rupiah.

Keterangan yang diperoleh menyebutkan, asal api yang membakar belum diketahui karena di dalam bangunan yang hangus sebanyak 8 ruangan itu tiba-tiba saja muncul asap dan api dengan cepat membumbung ke atas hingga membuat panik karyawan di sana. Apalagi bangunan yang sebelumnya tempat pengasapan kayu karet itu berada di bagian belakang pabrik dan perkantoran utama di Jalan Raya Subang-Kalijati.

Mereka berusaha memadamkan dengan pemadam yang ada, namun api tetap membesar hingga meminta bantuan ke Damkar Subang dan datang 4 unit kendaraan ditambah dari Pertamina EP Subang. “Kami begitu mendapat laporan langsung bergerak menuju tempat kejadian perkara dan Alhamdulillah dalam waktu sekitar 1 jam berhasil dipadamkan,“ kata Kabid Damkar Satpoldam Subang, Dede Rosmayandi didampingi kasi Damkar dan Penyelamatan, Wawan Irawan kepada wartawan Galamedia, Dally Kardilan.

Penyebab kebakaran sendiri belum diketahui pasti api berasal dari mana. Hanya kemungkinan dari mesin pengovenan yang mungkin terjadi karena membakar kayu yang ada di sana.

Hal ini dibernarkan Danramil Kalijati, Kapten Inf. Wiknyo Kusumah kalau bangunan yang terbakar berukuran 10 x 50 m2. Sedangkan sumber api diperkirakan dari proses manual pengasapan kayu pohon karet agar awet dengan menggunakan tungku api dengan berbahan bakar kayu bakar.

“Kerugian dari hasil inventarisasi pihak PTP mencapai Rp  224.000.000,-  selain bangunan juga kayu gelondongan sebanyak 24 kubik.***



Editor: anef

Tags

Komentar

Terkini

X