Rabu, 11 Desember 2019

Mengunjungi Situ Biru Cilembang di Sumedang, Waktu Terbaik untuk Berfoto dan Pantangannya

- 16 Juli 2019, 14:25 WIB
SITU Biru Cilembang di Sumedang/WISATAJABAR

SITU Biru Cilembang merupakan tempat yang cocok bagi wisatawan yang ingin berlibur ke tempat sejuk, menenangkan, da tidak terlalu ramai.

Di Situ Biru Cilembang yang terletak di Desa Hariang, Kecamatan Buahdua, Sumedang, pengunjung akan dimanjakan pemandangan danau nan jernih. Suasananya asri, masih sejuk, dan dapat menyegarkan kembalil pikiran yang penat. Danau jernih yang punya kedalaman sekira 3 meter menjadi daya tarik utama Situ Biru Cilembang.

Akan tetapi, pengunjung dilarang berenang di danau itu. Alasannya, karena Situ Biru Cilembang adalah sumber air bagi warga setempat. Namun tak perlu khawatir, di sana tersedia kolam khusus untuk pengunjung yang ingin berenang. Kolam tersebut dapat digunakan baik oleh orang dewasa maupun anak-anak. Selain itu, ada juga tempat khusus bagi pengunjung yang ingin merasakan terapi ikan.

Situ Biru Cilembang dikelola secara swadaya oleh masyarakat setempat. Untuk masuk ke kawasan Situ Biru Cilembang pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir dan biaya masuk sekira Rp 15.000.

Pengunjung disarankan datang saat siang atau saat langit sedang cerah. Dengan begitu, keindahan Situ Biru Cilembang dapat dinikmati dengan baik karena birunya air danau akan terlihat jelas. Pengunjung juga sebaiknya tidak mendatangi Situ Biru Cilembang pada hari Selasa dan Jumat karena terdapat pantangan untuk masuk ke area danau pada hari itu.

Untuk mengunjungi Situ Biru Cilembang, setelah sampai di Sumedang, wisatawan dapat memacu kendaraan mereka menuju Perempatan Cimalaka. Setelah tiba di Perempatan Cimalaka, arahkan kendaraan menuju Pertigaan Legok.

Dari tempat tersebut, pengunjung hanya perlu mengikuti jalan menuju Kecamatan Buahdua, Desa Hariang.

Untuk mencapai Situ Biru Cilembang, wisatawan yang sudah memarkirkan kendaraan harus berjalan sekira 200 meter dari tempat parkir. (Arsyad Dena Mukhtarom)***



Editor: Yusuf Wijanarko

Tags

Komentar

Terkini

X