Minggu, 15 Desember 2019

Tiga dari Lima Tersangka Pembobol Rumah Pengusaha Telur di Majalengka Dicokok Polisi

- 15 Juli 2019, 18:39 WIB
KAPOLRES Majalengka Ajun Komisaris Besar Polisi Mariyono disertai Kasat Reskrim Ajun Komisaris Wafdan Mutaqien menunjukkan dua tersangka spesialis pembobol rumah kosong yang dilumpuhkan dengan tembakan saat dilakukan penangkapan karena berusaha melarikan diri.*/TATI PURNAWATI/KC

MAJALENGKA,(PR).- Tiga dari lima tersangka pelaku pembobolan rumah kosong dengan kerugian mencapai Rp 700 juta berhasil ditangkap tim Reserse Polres Majalengka. Karena berusaha melawan dan melarikan diri saat dilakukan penangkapan, tersangka terpaksa dilumpuhkan di bagian kakinya.

Menurut keterangan Kapolres Majalengka, Ajun Komisaris Besar Polisi Mariyono disertai Kasat Reskrim Ajun Komisaris Wafdan Mutaqien, kedua tersangka ditangkap di lokasi yang berbeda. Mereka adalah MM warga Desa Gelokmulya, Kecamatan Sumberjaya, Kabupaten Majalengka. Dia ditangkap di rumah mertuanya di Desa Bojong Bata, Kecamatan Pemalang, Jawa Tengah, pada Rabu, 3 Juli 2019 sekitar pukul 01.00 WIB.

Tersangka lainnya adalah SI warga Desa Panjalin Kidul, Kecamatan Sumberjaya, Majalengka, juga ditangkap pada hari yang sama sekitar pukul 15.00 WIB di kawasan industri Jababeka, Cikareng Selatan. "Dengan tertangkapnya dua tersangka pelaku ini, dua lagi yang masih buron. Sekarang terus dilakukan pengejaran," ungkap Wafdan.

Ia ditemui dalam ekspos di Polres Majalengka. Wafdan juga mengatakan sedangkan tersangka pelaku lainnya BS, warga Desa Bongas Wetan, Kecamatan Sumberjaya sudah ditangkap lebih dulu sekira sebulan yang lalu di rumahnya.

Disampaikan, penangkapan terhadap kedua tersangka yang sudah buron selama kurang lebih sebulan, dilakukan atas dasar penyelidikan dan penyidikan terhadap tersangka BS yang sudah ditangkap lebih dulu. Dia menyebutkan kalau pembobolan rumah kosong milik Rudiyanto pengusaha telur di Desa Sepat, Kecamatan Sumberjaya, Majalengka, pada Rabu, 5 Juni 2019 dilakukan berlima, dengan peran yang berbeda.

“Setelah berhasil penangkap satu tersangka pelaku, kami terus mengembangkan kasus. Dan tersangka menyatakan pembobolan rumah dilakukan berlima. Kini sudah tiga orang yang berhasil ditangkap, dua lagi terus di buru, identitas pelaku sudah kami ketahui,” ungkap Kapolres.

Seperti diberitakan sebelumnya, rumah pengusaha telur Rudiyanto di bobol kawanan pencuri saat hari raya Idul Fitri, ketika ditinggal pergi untuk solat Idul Fitri. Ketika anggota keluarga pulang ke rumah ternyata kondisi rumah dan kamar tidur sudah acak-acakan. Dan diketahui uang sebesar Rp 700 juta raib diambil kawanan pencuri.

Mereka masuk dengan membobol jendela belakang menggunakan linggis. Setelah berhasil, kembali ke jalan semula. Dari kelima tersangka perannya berbeda, ada yang masuk ke kamar mengeksekusi, ada yang mengawasi di luar sekitar rumah, dan di bagian dalam. Sebelum mereka melakukan aksinya beberapa hari sebelumnya telah di survai terlebih dulu oleh BS. Setelah berhasil memngambil uang mereka bagi dengan porsi yang berbeda disesuaikan dengan peran masing-masing.***



Editor: Eva Fahas

Tags

Komentar

Terkini

X