Rabu, 11 Desember 2019

Sejarah Desa Masawah Berawal dari Kata Emas dan Sawah

- 15 Juli 2019, 19:28 WIB
LOKASI Pantai Madasari Desa Masawah yang penuh eksotik dan seperti surga tersembunyi,wisatawan dapat menyaksikan keindahan sunset di sini.*/MUSLIH JERRY/KABAR PRIANGAN

PANGANDARAN, (PR).- Di Kabupaten Pangandaran hampir di semua Desa memiliki lokasi wisata baik itu yang sudah terkenal hingga mancanegara dan masih ada juga yang hanya dikunjungi wisata loka. seperti Desa Masawah Kecamatan Cimerak memiliki pantai yang seperti di Bali bahkan banyak pengunjung menyebutnya Pantai Madasari seperti surga yang tersembunyi. Pantai Madasari sangat eksotik, di sana  terdapat pulau-pulau kecil. Lokasi pantai itu sekarang sedang dikembangkan oleh pihak Pemerintah Desa Masawah ebagai upaya pemasukan pendapatan desa.

Kepala Desa Masawah, Ukan Suganda mengatakan, sejarah berdirinya nama Desa Masawah, dari berbagai cerita para tokoh masyarakat yang didasarkan pada cerita para tokoh leluhur, ada 2 (dua) sumber yang kuat. Prtama Masawah berasal dari nama sebuah pohon dan kedua Masawah berasal dari sumber mata pencaharian pokok penduduk yaitu sawah. Asal usul Masawah menjadi sebuah nama desa berasal dari nama sebuah pohon yaitu pohon kayu masawah, dimana pada saat itu di bawah pohon kayu tersebut terdapat sebuah titik sumber mata air yang menjadi sumber kehidupan masyarakat. 

"Pohon kayu masawah pada saat ini sudah tidak ada, namun sumber mata air yang ada di bawahnya sampai saat ini masih dipergunakan oleh warga," ungkapnya, Senin 15 Juli 2019. 

Bahkan walaupun terjadi musim kemarau yang panjang, mata air tersebut tidak pernah mengalami kekeringan. Letak pohon kayu dan mata air tersebut yaitu di RT 005 RW 002 (komplek Mesjid Jamie) Dusun Masawah Desa Masawah. Dahulu di lokasi ini pernah didirikan sebuah pondok pesantren. 

Selain dari nama sebuah pohon, sumber kuat lain mengatakan bahwa Masawah berasal dari dua suku kata yaitu Emas dan Sawah. Istilah emas di sini merupakan sebuah harta yang sangat berharga sehingga menjadi panutan semua orang, dan sawah adalah sumber penghidupan tempat menanam padi sebagai sumber makanan pokok. 

"Dengan demikian Masawah adalah harta berharga yang bersumber dari sawah yang menjadi sumber kehidupan warga," jelasnya.

Menurutnya, dalam struktur pemerintahan, Desa Masawah merupakan bekas bagian wilayah Kabupaten Sukapura (sekarang Kabupaten Tasikmalaya) dan pada tahun 1939 Desa Masawah dimasukan ke dalam lingkungan pemerintah Wilayah Daerah Kabupaten Ciamis yaitu pada masa pemerintahan Bupati Rd.Tumenggung Adipati Sunarya (asal Sukapura), pada tahun 2012 dengan terbentuknya Kabupaten Pangandaran maka wilayah Desa Masawah masuk ke wilayah administrasi Kabupaten Pangandaran.

"Berdasarkan sejarah Desa Masawah ini telah didirikan sejak tahun 1912," tuturnya kepada wartawan Pikiran Rakyat, Muslih Jerry.


Halaman:

Editor: Yusuf Wijanarko

Tags

Komentar

Terkini

X