Tak Miliki Lumbung Pangan, Dana Desa Bakal Dipotong

- 14 Juli 2019, 09:44 WIB
Ilustrasi.*/DOK PR

SUMBER, (PR).- Desa yang tidak memiliki lumbung pangan di wilayah Kabupaten Cirebon terancam sanksi dipotong dana desanya (DD) sebesar 10 persen.

Sanksi pemotongan dana desa tersebut menjadi salah satu poin penting yang masuk dalam Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Ketahanan Pangan yang sedang dalam pembahasan di DPRD Kabupaten Cirebon.

Pembahasan Raperda yang cukup penting ini ditargetkan selesai dan bisa ditetapkan bulan Juli ini. Meski cukup penting, sampai saat ini tidak banyak daerah yang memilikinya. Di Jawa Barat saja hanya Kota Bekasi yang sudah memiliki Perda Ketahanan Pangan.

Bersamaan dengan pembahasan raperda tersebut, Dinas Ketahanan Pangan melakukan upaya mengajak kelompok  wanita tani (KWT), sebagai salah satu pilar penopang ketahanan pangan, menambah ilmu dan suntikan semangat ke KWT yang berprestasi.

Rombongan belajar ke KWT Ceria Desa Pagersari Kecamatan Patean Kabupaten Kendal Jawa Tengah, KWT Putri 21 Kabupaten Gunung Kidul, DIY yang berhasil mengolah tepung singkong menjadi berbagai macam olahan pangan serta KWT Anggrek Asri Kabupaten Kulonprogo DIY.

loading...

Menurut Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Cirebon Muhidin, persoalan ketahanan pangan sangat penting karena menyangkut kebutuhan dasar utama bagi manusia yang harus dipenuhi setiap saat.

"Dengan adanya payung hukum Perda Ketahanan Pangan, upaya-upaya untuk kemandirian pangan akan semakin mengikat, terarah dan melibatkan lintas instansi," ungkap Muhidin, Sabtu, 13 Juli 2019.

Menurut dia, dibawanya perwakilan KWT untuk belajar soal kemandirian pangan, dilakukan sebagai salah satu upaya menambah ilmu dan suntikan semangat kepada KWT, sebagai salah satu pilar penopang ketahanan pangan keluarga.

Halaman:

Editor: Siska Nirmala


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X