Minggu, 15 Desember 2019

Harus Ada Event Besar untuk Pasarkan Wisata dan BIJB

- 10 Juli 2019, 06:35 WIB
KEPALA Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jabar Dedi Taufik (tengah) memimpin rapat koordinasi penguatan image BIJB dan program promosi Jabar, di Hotel Aston Cirebon, Selasa 9 Juli 2019. Semua pemangku kepentingan diminta untuk berjuang bersama mempromosikan dan memasarkan BIJB dan pariwisata daerah di Jabar, terutama wilayah Ciayumajakuning.*/ ANI NUNUNG/PR

CIREBON, (PR).- Semua pemangku kepentingan diminta untuk berjuang bersama mempromosikan dan memasarkan BIJB dan pariwisata daerah di Jabar, terutama wilayah Ciayumajakuning.

Perpindahan penerbangan antarpulau dari Bandara Husein Sastranegara di Bandung ke Bandara Internasional Jawa Barat di Kertajati Majalengka, merupakan peluang luar biasa yang tidak boleh dilewatkan begitu saja.

Pemda di wilayah Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan (Ciayumajakuning) pun, didorong untuk menggelar event besar semacam festival bersama berskala nasional bahkan internasional, untuk mengundang wisatawan datang.

Demikian salah satu kesimpulan dalam  rapat koordinasi penguatan image BIJB dan program promosi Jabar di Hotel Aston Cirebon, Selasa 9Juli 2019.

Rakor yang dipimpin Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jabar Dedi Taufik dihadiri pelaku wisata, industri hotel, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Dinas Pariwisata dan Dinas Perhubungan  sejabar serta instansi lainnya.

"Kita semua harus berjuang bersama saling bersinergi untuk sama-sama memasarkan dan mempromosikan BIJB sekaligus pariwisata daerah di Jawa Barat, terutama di wilayah Ciayumajakuning," kata Dedi Taufik saat memimpin rakor.

Menurutnya pariwisata kuncinya dua, bagaimana memberi kepuasan kepada pelanggan atau wisatawan, dan bagaimana meningkatkan kunjungan wisatawan.

"Pemda sewilayah Cirebon harus bisa mewujudkan event festival bertaraf nasional bahkan internasional. Soal pendanaan nanti kita carikan solusinya bersama-sama," katanya.

Dikatakan Dedi, sejumlah pelaku industri perhotelan sudah mulai melangkah dengan melakukan promosi, memberikan diskon 50 sampai 60 persen dengan syarat menunjukkan bukti tiket atau boarding pass melalui BIJB.

Sementara itu, Vice President of Commercial and Business Development PT BIJB Dian Nurahman mengungkapkan, penambahan jumlah penumpang dari mulai 1 Juli sampai dengan Senin 8 Juli 2019 sangat signifikan.

"Pada awal mulai pengalihan penerbangan jumlah penumpang 500 orang. Namun Senin kemarin, sudah menunjukkan data 2.400 orang," katanya.

Dian juga mengungkapkan, penumpang bukan hanya warga dari dan ke Jabar namun juga sudah banyak warga dari dan ke Tegal dan Brebes Jawa Tengah yang memanfaatkan BIJB.

"Sementara ini kita sama-sama berjuang saling mempromosikan saja dulu. Kami menyiapkan space gratis selama setahun untuk kegiatan promosi namun kami juga minta imbal baliknya dengan mempromosikan BIJB," katanya.

Dia berharap pelaku bisnis transportasi, pariwisata maupun perhotelan dan pemda bersedia berjuang bersama untuk meramaikan BIJB sekaligus pariwisata daerah.

Sementara itu, General Manager Hotel Aston, Fajar Basuki sangat antusias dengan peralihan penerbangan antarpulau ke BIJB Kertajati.

Fajar pun menilai, adanya event menjadi salah satu faktor penentu agar tingkat lama tinggal wisatawan di Cirebon minimal bisa 2 hari. "Saat ini, lama tinggal wisatawan di Cirebon hanya 1,3 hari," tukasnya.

Meski sejak pengalihan penerbangan, tingkat okupansi hotel mengalami peningkatan dibandingkan sebelumnya. Namun Fajar belum berani menyimpulkan, kalau peningkatan itu terkait dengan aktivitas penerbangan di BIJB.

Pasalnya, kata Fajar, saat ini masih musim libur sekolah, sehingga ada dua kemungkinan yang menjadi faktor meningkatnya okupansi hotel. "Kalau pekan depan saat libur sekolah berakhir, tingkat okupansi hotel masih tinggi berarti memang terkait langsung dengan mulai ramainya BIJB," paparnya.

Fajar juga berharap, pemerintah daerah di wilayah Ciayumajakuning dan swasta harus satu frekuensi memasarkan pariwisata daerah.***

 



Editor: ella yuniaperdani

Tags

Komentar

Terkini

X