Minggu, 8 Desember 2019

Karawang Raih Satya Lencana Pembangunan Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga

- 6 Juli 2019, 18:44 WIB
null

BANJARMASIN, (PR).- Karawang menjadi satu-satunya daerah dari Jawa Barat yang mendapatkan penghargaan tertinggi, Satya Lancana Pembangunan Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dari Presiden yang diserahkan dalam puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) di Kantor Pemerintahan Provinsi Kalimantan Selatan, Banjarbaru, Sabtu, 6 Juli 2019. Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana menerima langsung penghargaan tersebut yang diserahkan oleh Menteri Kordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani.

Karawang mendapatkan penghargaan Satya Lancana Pembangunan KKBPK bersama 17 daerah lainnya. Tak hanya Karawang, dua daerah lain di Jawa Barat yaitu Kuningan dan Kabupaten Sukabumi pun mendapatkan penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK) untuk KKBPK. 

"Alhamdulillah sebagai orang Jawa Barat bisa mempersembahkan prestasi ini atas kerja keras ASN, partisipasi masyarakat, stakeholders terkait untuk menghantarkan penghargaan dari Pak Presiden ini. Ya mudah-mudahan menjadi semangat bagi kami khususnya," ucap Cellica.

Meski demikian, Cellica menegaskan dengan penghargaan tersebut jangan sampai takabur, tetap perbaiki diri, sistem, kebijakan dan program anggaran sehingga kedepan bisa mempertahankan prestasi tersebut. Selain itu, raihan tersebut bisa jadi banana diskusi dengan daerah lain. "Tadi juga ada yang dari Kuningan dan Sukabumi hadir. Kita sharing soal hal ini," ujar dia.

Menurutnya, selama 4 tahun ini Pemkab Karawang melakukan suatu kegiatan publik khususnya dalam mencapai MKJP (metode kontrasepsi jangka panjang) baik perempuan maupun laki-laki. Selain itu mengembangkan Kampung KB dihidupkan, partisipasi kepala desa, RT/RW, stakeholders dan masyarakat. "Ini komitmen semua pihak dan relawan KB tentunya," kata dia.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Barat Atalia Praratya Kamil yang juga hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan, penghargaan untuk Karawang,  Kuningan dan Kabupaten Sukabumi menjadi kebanggaan Jawa Barat. "Semoga bisa mendorong Kabupaten/Kota lain demi Jawa Barat," Kata dia

Dia menambahkan, penghargaan tersebut bisa menjadi semangat untuk tahun depan dan dia pun bangga pelaksanaan Harganas berjalan dengan baik. Terlebih mengembalikan semangat pada keluarga karena keluarga menjadi fondasi utama dalam pembangunan.

Kepala Perwakilan BKKBN Jawa Barat Sukaryo Teguh Santoso menuturkan, pihaknya pun turut berbangga dengan prestasi yang diraih ketiga daerah tersebut. Pihaknya pun siap untuk mendorong wilayah lain di Jawa Barat agar bisa seperti Karawang, Kuningan, dan Kabupaten Kuningan.

Sementara itu dalam sambutannya, Menteri Kordinator PMK Puan Maharani mengatakan, Harganas yang selalu diperingati setiap 29 Juni bertujuan untuk memberikan motivasi kepada masyarakat agar lebih menyadari dan memahami bahwa keluarga merupakan pondasi yang penting dalam membangun kehidupan yang sejahtera. Pada acara Puncak Peringatan Harganas, pemerintah memberikan Penganugerahan Tanda Kehormatan dan Tanda Penghargaan Bidang Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga. "Penganugerahan ini, merupakan bentuk apresiasi atas komitmen dan dukungan yang ditunjukan saudara-saudara yang telah ikut berjasa dalam memajukan program KKBPK. 


Halaman:

Editor: Eva Fahas

Tags

Komentar

Terkini

X