Macan Kumbang Subang Dilepas ke Ciremai Selasa Depan

- 4 Juli 2019, 08:42 WIB
MACAN Kumbang

KUNINGAN, (PR).- Seekor macan tutul Jawa (panthera pardus melas) hitam atau banyak disebut macan kumbang yang tertangkap di permukiman penduduk Kampung Cimalingping, Desa Sindangsari, Kecamatan Kasomalang, Kabupaten Subang,1 Juni 2019, dipastikan akan dilepasliarkan ke dalam kawasan hutan Taman Nasional Gunung Ciremai, pada Selasa 9 Juli 2019.

Kepastian rencana tersebut dikemukakan dan mendapat persetujuan para pihak terkait dalam acara sosialisasi pelepasliaran macan tutul tersebut ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai, di ruang meeting Hotel Grage Sangkan, Kabupaten Kuningan, Rabu 3 Juli 2019.

Sementara itu, pelepasliaran macan tutul kumbang Selasa pekan depan direncanakan akan dilaksanakan pagi hari. Lokasinya di Blok Leuweung Saeutik, dalam koridor area Gunung Dulang di lereng utara Gunung Ciremai, di ketinggian sekitar 1.127 meter di atas permukaan laut, terpaut jarak sekitar 1 kilo meter ke arah selatan dari kawasan obyek wisata alam Bukit Seribu Bintang. Lokasi tersebut terukur secara garis lurus berjarak antara 4 hingga 5 kilo meter dari Desa Padabeunghar, Pasawahan, Cibuntu dan Desa Seda.

Acara sosialisasi tersebut digelar Direktorat Konservasi Keanekaragaman Hayati, Dijen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Acara tersebut diawali paparan pembuka terkait rencana itu dari Kepala Bidang Wilayah 2 Soreang lingkup Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam  Jawa Barat Pupung Purnawan dan Kepala Balai Taman Nasional Gunung Ciremai Kuswandono, dilanjutkan paparan empat nara sumber dari Fakultas Kehutanan Universitas Kuningan, Peduli Karnivor Jawa, Pro Fauna Jawa Barat, dan Sintas Indonesia.

Pesertanya meliputi perwakilan dari berbagai pihak dan kalangan masyarakat terkait Di antaranya unsur pimpinan dan tenaga fungsional lingkup BBKSDA Jabar dan BTNGC, pemerintah daerah Kabupaten Kuningan, perwakilan dari Kepolisian Resor Kuningan, Kodim 0615 Kuningan, camat dan para kepala desa serta perwakilan sa-tokoh masyarakat dari dari desa-desa sekitar lokasi rencana tempat pelepasliaran macan tersebut, Forum Ciremai, perwakilan komunitas pencinta alam dari beberapa daerah sekitar Ciremai.

Kepala Bidang 2 Wilayah Soreang BBKSDA Jabar Pupung Purnawan, menyebutkan macan tutul hitam atau macan kumbang dari Subang yang akan dilepasliarkan ke Gunung Ciremai itu, saat ini diamankan di Pusat Penyelematan Satwa Cikananga di Kabupaten Sukabumi. Kondisi fisik dan fsikologi macan tersebut, teramati secara ilmiah sangat sehat siap untuk dilepasliarkan dan hidup di alam bebas. Selain itu, lokasi yang telah ditentukan untuk melepasliarkan macan itu pun, sudah disurvei dan dinilai secara ekologi layak dan mendukung kebutuhan hidup untuk macan tersebut. ***

 

Editor: ella yuniaperdani


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X