Jumat, 6 Desember 2019

Jelang Pelaksanaan Festival Layang-Layang, Perajin Kebanjiran Order

- 1 Juli 2019, 19:55 WIB
SEORANG pekerja tengah sibuk membuat layang-layang di kediaman Kokos Koswara, perajin layang-layang di Dusun Pangandaran Timur, Desa Pangandaran, Senin, 1 Juli 2019.*/AGUS KUSNADI/KP

PANGANDARAN, (PR).- Event festival layang-layang internasional atau disebut Pangandaran Internasional Kite Festival yang akan digelar 12-14 Juli 2019 mendatang di Lapangan Katapang Doyong pantai timur Pangandaran itu rupanya dimanfaatkan oleh Kokos Koswara (46) warga blok Pasar Ikan Dusun Pangandaran Timur, Kecamatan Pangandaran.

Sejak pekan lalu, dirinya telah kebanjiran order pemesanan untuk dibuatkan layang-layang. Untuk mengejar target, Kokos di bantu oleh 15 pekerja yang juga warga Pangandaran. Dari 15 orang tersebut kata Kokos memiliki tugas masing-masing.

"Ada tukang potong, jahit, raut dan ngelem layangan," ujar Kokos saat diwawancarai ditengah kesibukannya membuat layangan dikediamannya, Senin, 1 Juli 2019.

Saat ini kata Kokos, dirinya tengah menyelesaikan pesanan dari berbagai intansi baik intansi di pemerintah daerah, provinsi maupun dari Kementerian Pariwisata. Menurut Kokos yang juga sebagai pengurus di Persatuan Layang-layang Pangandaran itu, layang-layang yang diordernya akan diterbangkan pada saat pelaksanaan festival layang-layang.

"Untuk layangan ukuran terbesar panjangnya 10 meter dan lebarnya 7 meter, harganya beragam mulai dari 1 juta sampai 5 juta," ujar Kokos, seraya dirinya mengatakan, layangan spiner atau layangan yang berbentuk bulan dan memutar ketika diterbangkan.

Ditempat terpisah, Ketua Pelaksana M Yusuf, event tahunan ini akan diikuti oleh peserta dari sejumlah daerah di Indonesia dan peserta dari mancanegara. "Layangan terbesar yang akan dipamerkan dan dilombakan oleh peserta diantaranya berupa layanagn tren yang memiliki tinggi 20 meter dan lebar 5 meter.

"Kalau peserta dari luar negeri biasanya layangan berbentuk hewan panda atau hewan lainnya," ujar Yusuf.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran, Undang Sobarudin menambahkan, bahwa festival layang-layang ini rencananya akan dihadiri oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Kementerian Pariwisata dan Kementerian Koordinator Maritim.

"Untuk menggebyarkan festival layang-layang tahun ini kami juga sajikan berbagai lomba, pagelaran seni budaya dan aksi sosial bersih-bersih pantai," ujar Kokos yang mengaku sudah beberapa kali mengikuti perlombaan layang-layang di beberapa daerah dan negara tersebut.***



Editor: Eva Fahas

Tags

Komentar

Terkini

X