Rabu, 11 Desember 2019

Puncak Pelita, Bentang Alam Tasikmalaya dari Ketinggian

- 29 Juni 2019, 07:00 WIB
PUNCAK Pelitamenyuguhkan pemandangan indah berupa bentang alam Tasikmalaya dari atas ketinggian, serta kolam renang di atas bukit.*/BAMBANG ARIFIANTO/PR

BERADA di kawasan perbukitan Ciawi, Kabupaten Tasikmalaya, Puncak Pelita memiliki daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Objek wisata tersebut menyuguhkan pemandangan indah berupa bentang alam Tasikmalaya dari atas ketinggian. 

Hamparan sawah, ladang, serta pemukiman warga Tatar Sukapura terhampar di bawah Puncak Pelita. Tiupan angin dingin yang berembus di sela-sela rerimbunan hutan Gunung Talaga Bodas, juga menjadi obat ampuh melepas stres dan penat bagi pengunjung yang tetirah ke sana.

Untuk melancong ke Puncak Pelita tak terlalu sulit. Lokasinya berada di atas bukit Kampung Sukamaju, Desa Kertamukti, Kecamatan Ciawi. 
Pengunjung dari arah Bandung dan Kota Tasikmalaya cukup masuk ke Jalan Ciawi-Singaparna (Cisinga). Dari arah jalan baru itu, tinggal berbelok menuju kawasan Kiarajangkung. 

Jalanan lumayan berkelok dan menanjak. Namun, pemandangan sawah yang elok di Kiarajangkung menjadi bonus pemandangan indah yang bisa dinikmat dalam perjalanan. 

Berhenti sejenak sembari berswafoto menjadi pilihan tepat untuk mengabadikan hamparan pesawahan Kiarajangkung yang mirip Ubud, Bali.

Perjalananan selanjutnya adalah medan yang terus mendaki menuju puncak bukit. Di sini, pengunjung yang menggunakan kendaraan wajib ekstra hati-hati lantaran beberapa tanjakannya cukup ekstrem. 

Selepas melewatinya, Puncak Pelita sudah di depan mata. Deretan warung-warung warga serta kebun-kebun petani sayuran menjadi penanda pengunjung telah sampai tujuan. 

Yang unik, Puncak Pelita memiliki sebuah kolam renang. Berenang di kolam renang yang berada di atas ketinggian tentunya memiliki sensasi tersendiri. 


Halaman:

Editor: Endah Asih

Tags

Komentar

Terkini

X