Jumat, 28 Februari 2020

Jelang Bebas Murni, Rachmat Yasin Hadapi Lagi Kasus Hukum

- 27 Juni 2019, 12:41 WIB
RACHMAT Yasin (kiri), adiknya yang juga Bupati Bogor saat ini Ade Yasin (tengah berkerudung), dan istrinya Elly Rachmat Yasin (kanan berkerudung) pada acara tasyakuran Rabu, 8 Mei 2019, dalam penyambutan Rachmat Yasin dari LP Sukamiskin untuk menjalani cuti menjelang bebas Juli 2019.*/IRWAN NATSIR/PR

BULAN puasa dan Idulfitri 1440 H adalah hari yang penuh sukacita bagi Rachmat Yasin, mantan Bupati Bogor periode 2008-2013, karena sudah hampir lima tahun tidak pernah menjalani ibadah puasa dan merayakan Idulfitri bersama keluarga di kediamannya di Darmaga, Kabupaten Bogor. Karena, ia menjalani hukuman penjara 5 tahun 6 bulan di LP Sukamiskin, Kota Bandung karena tersandung kasus pemberian izin alih fungsi lahan kepada PT Bukit Jonggol Asri.

Sejak 8 Mei 2019, Rachmat Yasin memperoleh Cuti Menjelang Bebas (CMB) sehingga bisa keluar dari LP Sukamiskin pulang ke kediamannya di Bogor. Sejak keluar dari pintu LP Sukamiskin, ia tak henti henti menyampaikan rasa syukur dengan melakukan sujud syukur di halaman LP Sukamiskin. Pihak keluarga menyambutnya dan langsung berangkat ke Bogor.

Di kediamannya sejak pagi sudah banyak tamu dari berbagai kalangan yang menunggu kedatangan Rachmat Yasin. Bahkan, acara penyambutan yang digelar dalam bentuk acara buka bersama di pelataran halaman belakang rumahnya, dipenuhi para tokoh agama, tokoh masyarakat dberbagai kalangan lainnya.

Menangapi sambutan masyarakat tersebut,  ia mengatakan, kekuatan selama ini tidak terlepas dari doa dari orang tua dan masyarakat  "Ini suatu kebahagiaan bagi saya dan keluarga. Ini hari bersejarah setelah cuti panjang. Hari ini belum bebas murni melainkan cuti menjelang bebas. Alhamdulillah Ramadan bisa dengan keluarga," kata Rachmat Yasin pada waktu itu.

Hampir satu jam menjelang buka puasa, ia menyampaikan pidato. Terkait cuti menjelang bebas yang akan dijalani diperkirakan akan berakhir pada Juli ini, karena bulan Juli akan menerima putusan bebas murni.

Bagi Rachmat Yasin yang hadir kembali ke tengah masyarakat setelah 5 tahun 6 bulan menjalani hukuman penjara, tampak sekali raut wajah sukacita. Selain bisa berkumpul dengan keluarga menjalani ibadah puasa dan Idul Fitri, hal lain yang membuat dia tampak bahagia yakni keluar dari LP mendapatkan kondisi keluarganya sukses dalam karir politik.

Adiknya, Ade Yasin sukses dalam pemilihan Bupati Bogor sehingga terpilih menjadi Bupati Bogor 2018-2023 berpasangan dengan Iwan Setiawan, kader Partai Gerindra. Sehinga dalam berpidato yang dihadiri oleh Ade Yasin dan Iwan Setyawan, Rachmat Yasin agak canggung memanggil adiknya dengan sebutan Ibu Bupati.

Kebahagiaan yang tak ternilai menyangkut isterinya Elly Rachmat Yasin dengan lolos terpilih menjadi anggota DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) Kabupaten Bogor pada pemilihan umum legislatif 2019. Elly yang kini menjabat sebagai Ketua DPC PPP Kabupaten Bogor tersebut meraup suara terbanyak dari caleg PPP dan akan duduk di Senayan.

Selanjutnya, kebahagiaan bagi Rachmat Yasin semakin lengkap adiknya bernama Zainul Mutaqien juga kembali terpilih menjadi anggota DPRD Kota Bogor dalam pemilu pileg 2019, meski  sebelumnya gagal dalam pemilihan wali kota Bogor sebagai calon wakil walikota yang berpasangan dengan Achmad Ru’yat dari PKS.

Halaman:

Editor: Eva Fahas

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X