Pesantren Sirnarasa Ciamis Kini Lebih Berwarna

- 13 Juni 2019, 19:52 WIB
MURAL di dinding pondok pesantren Srinarasa, Ciomas, Kecamatan Panjalu, Ciamis.*/NURHANDOKO WIYOSO/PR

CIAMIS,(PR).- Pondok Pesantren Sirnarasa menggelar Festival Religi di pesantren yang berada di wilayah Ciomas, Kecamatan Panjalu, Ciamis itu pada 12-13 Juni 2019.

Dalam acara itu, terdapat pula program reviltasilasi pesantren berupa pengecatan gedung asrama, seluruh ruang kelas yang digunakan untuk Madrasah Aliyah, serta fasilitas lain.

Pelaksanaan Festiva Religi  berbarengan dengan agenda wisata religi manaqib yang dicanangkan Kementerian Pariwisata beberapa waktu lalu.

Belasan ribu ikhwan Tarekat Qodiriyah wa Naqsyabandiyan (TQN) yang datang dari berbagai wilayah di Indonesia mengikuti kegiatan yang dipusatkan di pesantren tersebut.

Pengecatan mural bertema islami di sepanjang dinding pesantren serta pemasangan papan informasi mengenai tareqat Islam menjadikan suasana di pondok pesntren terlihat lebih indah. Pengecatan yang berlangsung selama sebulan menghabiskan 3.000 liter cat.

loading...

“Kami melihat Pondok Pesantren Sirnarasa ini sebagai kiblat edukasi dan wisata religi Ciamis. Kami menginisiasi Festival Religi serta revitalisasi yang baru pertama kali diselenggarakan oleh Pacific Paint bersama dengan Pondok Pesantren Sirnarasa,” tutur Kepala Pemasaran Pacific Paint Ricy Soesanto, Kamis 13 Juni 2019.

Dia mengatakan, sejak beberapa tahun belakangan, banyak programnya yang masuk ke sektor jasa dan pariwisata, termasuk wisata religi seperti yang dikembangkan pondok pesantren Sirnarasa. Saat ini, kata dia, merupakan tahap awal dari beberapa tahap program yang direncanakan.

“Lebih banyak pengembangan yang memberikan manfaat bagi masyarakat. Selain di Jawa Barat, kami juga berkomitmen terus memberikan warna-warni yang indah di Indonesia melalui program tanggungjawab sosial perusahaan,” katanya.

Halaman:

Editor: Yusuf Wijanarko


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X