Kamis, 2 April 2020

Warung Kasreng Khas Kuningan, Buruan Pemudik Lebaran

- 9 Juni 2019, 19:52 WIB
Nasi Kasreng khas Kuningan.*/NURYAMAN/PR

TIDAK hanya kios-kios penjual tape ketan khas Kuningan yang menjadi buruan para pemudik. Warung-warung penyaji nasi kasreng juga menjadi salah satu kuliner yang menjadi sasaran para pemudik.

Warung-warung Kasreng setiap harinya selalu dijubeli para pemburu kuliner, sejak hari kedua (H+1) lebaran Idulfitri 1440 Hijriyah hingga Minggu, 9 Juni 2019.

Sejumlah pedagang nasi kasreng di tepian ruas jalan antara Kecamatan Luragung-Kecamatan Cibingbin wilayah timur Kabupaten Kuningan, menyebutkan pembeli nasi kasreng pada suasana libur lebaran Idulfitri didominasi para perantau Kuningan yang sedang berlebaran di kampung halamannya.

Aat (38) misalnya, warga Dusun Calingcing, Desa Cileuya, Kecamatan Cimahi, Kuningan yang sudah delapan tahun menggeluti usaha membuka warung nasi kasreng. Ia menyatakan, jumlah pengunjung dan pembeli nasi kasreng dalam beberapa hari terakhir luar biasa jika dibandingkan pada hari-hari biasa.

“Alhamdulillah sejak hari pertama buka kembali sejak mulai Kamis (6 Juni 2019) kemarin sampai sekarang pembeli kasreng di warung saya ini pun setiap harinya selalu ramai seperti begini. Apalagi pada hari kedua lebaran sampai kemarin, luar biasa,” tutur Aat.

loading...

Dia mengungkapkan, omset hasil jualan nasi kasreng di warungnya itu pun dalam tiga hari terakhir setiap harinya rata-rata sampai mencapai lebih dari Rp 15 juta. “Hari pertama malah sampai mencapai Rp 19 juta. Untuk ukuran saha saya ini omset sehari sampai sebesar itu terbilang luar biasa,” tuturnya.

Dia menyebutkan, omset harian di luar suasana lebaran paling tinggi rata-rata hanya mencapai Rp 4 hingga Rp 6 juta. Peningkatan pengunjung dan pembeli serta omset yang diperoleh para pedagang salah satu kuliner khas di wilayah timur Kuningan dalam empathari terakhir, juga tergambar dari keramaian pembelinya.

Selama empat hari terakhir warung-warung nasi kasreng di sepanjang jalan tersebut menurut warga sekitarnya, dari pagi hingga sore nyaris tak pernah sepi pembeli.

Sejumlah pembeli kasreng yang ditemui “PR”, Minggu, 9 Juni 2019 umumnya menyatakan, makan nasi kasreng di warung-warung kasreng khas Kuningan terbilang murah meriah. Selain enak dan cukup
banyak pilihan menunya, harganya pun menurut mereka relatif sangat murah.

Halaman:

Editor: Siska Nirmala

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X