Senin, 24 Februari 2020

Menjelang Lebaran, Bebersih dan Makan liwet Bareng

- 4 Juni 2019, 00:59 WIB
RATUSAN  santri Dzikir Al Fath Kota Sukabumi tengah menggelar makan liwet bersama. Kegiatan menjelang Lebaran dilakukan sebagai bentuk kebersamaan. */AHMAD RAYADIE/PR

MENYAMBUT hari nan fitri pada 1 Syawal, tak hanya dengan mempertebal keimanan melalui berbagai bentuk ibadah, ratusan santri  Pesantren Dzikir Al Fath  Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi melakukan kegiatan yang sarat dengan hubungan kemanusiaan. Senin 3 Juni 2019, mereka menggelar acara menyantap liwet bersama.

Para santri makan bareng, persis  di halaman pesantren , menggelar  tradisi makan ala santri dengan menu lalapan, goreng ikan, kerupuk dan sambel dadakan.

Sementara, nasi liwet yang sudah ditanak dan matang secara bersama dihamparkan di alas daun pisang sepanjang 200 meter. Hamparkan memanjang persis tidak jauh dari ruangan utama.

Setelah berdoa bersama, warga langsung mengonsumsi nasi dengan lahap.

“Kami menyambut buka puasa menjelang Idulfitri  dengan suka cita. Diantaranya dengan kegiatan makan liwet  bersama. Kegiatan murah, meriah, dan bermakna dilakukan warga setiap tahun. Bahkan kegiatan ini sudah tradisi di pondok,” kata salah seorang santri Dzikir Al-Fath, Asep.

Asep mengatakan nasi liwet disantap  usai mengikuti kegiatan  pengajian dan zikir bersama. Mereka menikmati nasi liwet hasil produk santri perempuan

"Makan nasi liwet telah kami lakukan sejak lama.  Aktivitas ini merupakan bentuk kebersamaan yang selama ini tertanam sejak lama. Terutama untuk mengikat persaudaraan antarsantri," kata

Sebelumnya, kata Asep, para santri kerja bakti membersihkan kobong (tempat menginap---red) santri, masjid,dan tempat mengaji.  

"Hanya, sekejap nasi liwet habis di lalap santri. Nikmatnya, sungguh luar biasa," katanya.

Halaman:

Editor: ella yuniaperdani

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X