Senin, 9 Desember 2019

Arus Mudik 2019, Jumlah Kendaraan yang Melintasi Tol Cipali Diperkirakan Lebih dari 100 Ribu

- 19 Mei 2019, 19:03 WIB
TOL Cipali.*/DOK. PR

SUMBER, (PR).- Otoritas ruas jalan tol Cikopo-Palimanan (Cipali) memprediksi volume kendaraan yang melewati ruas tolnya selama mudik lebaran naik 12 % dibanding tahun sebelumnya.  Pada arus mudik lebaran 1440 Hijriah tahun 2019 ini, jumlah kendaraan pemudik bakal menembus angka seratus ribu unit.

“Kira prediksikan ada lonjakan sampai 12 %. Itu berarti kendaraan pemudik yang melalui Cipali bakal menembus angka seratus ribu unit,” tutur General Manager (GM) PT Lintas Marga Sedaya (LMS), Suyitno saat dihubungi “PR”, Minggu, 19 Mei 2019.

Tahun 2018, selama arus mudik lebaran tercatat ada 94.597 unit kendaraan yang melintas di ruas tol terpanjang di Indonesia yang mencapai 116 kilometer. Dengan prediksi kenaikan dua belas persen, diperkirakan lebaran 2019 ini mencapai sekitar 109.560 unit.

Sebagai ruas tol terpanjang yang akan dilalui, LMS selaku pengelola sudah jauh-jauh hari melakukan persiapan dan antisipasi untuk menampung kendaraan pemudik. Perbaikan di sepanjang jalur tersebut terus dikebut, termasuk perlengkapan fasilitas seperti marka jalan, rambu-rambu, hingga area parkir dan rest area yang akan memperlancar laju kendaraan serta membuat pemudik terasa nyaman.

Perbaikan secara keseluruhan, ditargetkan rampung pada tanggal 26 Mei 2019 mendatang. LMS kini mempercepat pengerjaan sehingga tidak ada kendala saat memasuki puncak arus mudik.

 “Seluruh perbaikan kita target rampung 26 Mei2019 mendatang. Ini antisipasi supaya memasuki puncak arus mudik yang diperkirakan H-5 atau tanggal 31 Mei 2019, tidak ada lagi kendala. Kita juga menambah fasilitas area parkir dan renovasi rest area KM 130 dan 86,” tutur Suyitno.

Mengingat ruas tolnya yang panjang, LMS juga menghimbau pemudik benar-benar mempersiapkan stamina maupun kelayakan kendaraan. Untuk kelancaran, pemudik juga jangan lupa menyiapkan uang elektronik dengan jumlah saldo yang cukup. “Jaga kesehatan, pastikan kondisi kendaraan dan jangan lupa isi e-money,” tuturnya.

Menghadapi kebijakan sistem satu arah pada arus mudik 2019, manajemen tol Cipali akan membuka seluruh gerbang di pintu keluar Palimanan Cirebon. Gerbang tol exit Palimanan akan sangat strategis karena menjadi tempat transaksi sebelum pemudik melanjutkan perjalanan menyusuri ruas tol lainnya, yakni tol Palimanan-Kanci maupun Kanci-Pejagan untuk pemudik arah Jawa Tengah.


Halaman:

Editor: Vebertina Manihuruk

Tags

Komentar

Terkini

X