Disperindag Ciamis Waspadai Peredaran Barang Kedaluwarsa

- 13 Mei 2019, 21:07 WIB
ILUSTRASI.*/CANVA

CIAMIS,(PR).- Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Ciamis mengingatkan warga agar lebih mewaspadi kemungkinan beredarnya barang yang sudah kedaluwarsa. Saat bulan suci Ramadan hingga menjelang lebaran, peredaran barang yang sudah lampau waktu edar tersbut diperkirakan bakal meningkat.

“Berkaca pengalaman sebelumnya menjelang lebaran atau pada saat bulan puasa seperti sekarang ini, banyak beredar barang yang mendekati masa peredaran atau pun sudah kedaluwarsa,” tutur Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Ciamis Yusup, Senin, 13 Mei 2019.

Barang yang sudah lampau waktu peredaran, lanjutnya tidak hanya beredar di kota akan tetapi saat ini juga sudah menyebar hingga sampai ke desa. Selain barang kedaluwarsa atau mendekati lampau waktu, juga perlu dihindari membeli makanan dalam kemasan kaleng yang penyok. Alasannya karena kualitasnya tidak dapat dipastikan.

“Biasanya barang tersebut dipajang bersama dengan barang sejenis lain yang masa pemakaiannya lebih lama. Demikian pula makanan yang kemasan kalengnya penyok. Kami khawatir perubahan kualitas dapat menangganggu kesehatan, baik jangka pendek maupun jangka panjang,” jelasnya.

Yusup mengungkapkan pedagang yang menjual barang yang hampir kedaluwarsa, berharap mendapatkan keuntungan lebih besar, jika dibandingkan menjual barang yang masa edarnya lebih lama. Biasanya barang yang sudah hampir kedaluwarsa, harganya lebih murah dibandingkan barang baru.

“Artinya pedangan tersebut sengaja membeli barang yang hampir lampau waktu dengan maksud mendapat untung lebih besar. Untuk itu konsumen juga dituntut untuk lebih waspada, jangan hanya tergiur dengan harga murah,” kata Yusup.

Hingga saat ini, ungkapnya, Disperindag Kabuoaten Ciamis belum menemukan barang kedaluwarsa yang beredar di super market maupun mini market. Namun demikian, untuk tetap mempertahankan kondisi yang ada, lanjut Yusup, bakal melakukan pengecekan atau inspeksi mendadak.

“Kami juga selalu mengingatkan pedagang agar tidak menjual barang kedaluwarsa. Untuk memberikan perlindungan kepada konsumen, kami juga bakal melakukan inspeksi mendadak,” ujarnya.***

Editor: Eva Fahas


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X