Sabtu, 6 Juni 2020

Partai Demokrat Pimpin Perolehan Suara dan Kursi untuk DPRD Karawang

- 5 Mei 2019, 16:29 WIB
SUASANA Sidang Pleno KPU Karawang, Selasa, 30 April 2019.*/DODO RIHANTO/PR

KARAWANG, (PR).- Partai Demokrat dipastikan pemperoleh sembilan kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Karawang berdasarkan perolehan suara pada pemilihan umum (pemilu) 2019.melalui perhelatan Pemilu 2019. Dengan begitu, partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono itu bakal menduduki kursi pucuk pimpinan DPRD Karawang Periode 2019-2024.

Sementara, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang sebelumnya menempati sembilan kursi di DPRD, kini anjlok hanya menjadi enam kursi saja. Kursi puncuk pimpinan DPRD pun harus rela dilepas ke Partai Demokrat.

Kondisi itu terungkap dalam rapat pleno rekapitulasi perhitungan perolehan suara untuk DPRD Karawang hasil pemilu 2019 yang dilakukan KPU Karawang di Hotel Akshaya, Kecamatan Telukjambe Timur, Minggu, 5 Mei 2019. Sementara, ketika berita ini diturunkan, penghitungan perolehan suara untuk DPRD Provinsi dan DPR RI masih berlangsung.

Dari rapat pleno tersebut diketahui pula bahwa partai politik lain yang mengalami kenaikan perolehan kursi adalah Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Partai itu kini bisa menempatkan wakilnya sebanyak enam orang di DPRD Karawang. Artinya, PKS nantinya bisa membentuk fraksi sendiri tanpa harus bergabung dengan partai lain.

Selain itu, rapat pleno juga mengungkapkan bahwa seorang mantan kader PKB yang sebelumnya didepak dan mengalami pergantian antarwaktu oleh PKB malah mendapat suara siginifikan. Pada pemilu 2019, caleg bernama Khoerudin itu maju melalui Partai Demokrat. Ia bahkan berpeluang juga menduduki kursi Ketua DPRD Karawang karena perolehan suaranya melebihi caleg dari Partai Demokrat lainnya.

Seluruh tahapan pemilu 2019 di Karawang berjalan lancar

Secara umum, rapat pleno yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karawang itu berjalan kondusif. Pembacaan penetapan perolehan suara itu dihadiri seluruh ketua dan pengurus partai politik di Kabupaten Karawang. 

"Alhamdulillah, dengan penetapan ini maka tahapan perhitungan suara di tingkat kabupaten sudah selesai. Selanjutnya, akan kami kirim hasilnya ke tingkat provinsi, " ujar Ketua KPU Karawang, Miftah Farid.

Menurutnya, selama proses perhitungan suara berlangsung, tidak ada kendala yang substansial seperti keberatan dari saksi parpol maupun saksi caleg. Kendala yang muncul hanya terkait masalah statistik, seperti masalah jumlah pemilih. Namun hal itu bisa diatasi dan dipahami bersama.

Halaman:

Editor: Yusuf Wijanarko


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X