Rabu, 11 Desember 2019

4 TPS Pemilu 2019 Roboh Diterjang Angin Kencang

- 17 April 2019, 05:14 WIB
PEMBANGUNAN kembali TPS 20 Dusun Citangkolo, Desa Kujangsari, Kec Langensari, Kota Banjar, Selasa 16 April 2019. Ketua KPU Kota Banjar, Dani Danial Muhklis (kanan) melakukan pemantauan langsung.*/DEDE IWAN/KABAR PRIANGAN

BANJAR,(PR).- Sebanyak emat tempat pemungutan suara (TPS) di Kota Banjar roboh akibat diterjang hujan badai, Selasa 16 April 2019. Beruntung dalam kejadian yang berlangsung sore hari tidak sampai merusak logistik Pemilu 2019.

Empat TPS yang hancur tersebeut yakni TPS 20 Dusun Citangkolo, Desa Kujangsari, Kecamatan Langensari, TPS 15 Desa Karyamukti, Kecamatan Pataruman, TPS 20 Kelurahan Hegarsari, Kecamatan Pataruman dan TPS 20 Parunglesang, Kelurahan/Kecamatan Banjar.

“ Ada empat TPS yang rusak akibat diterjang hujan badai. Untuk TPS 23 Kelurahan Bojongkantong, Kec Langensari tidak sampai roboh, hanya bagian atap, terpalnya monoyot, karena beratnya air hujan ,” kata Ketua KPU Kota Banjar Dani Danial Muhklis.

Menyusul kejadian tersbeut, dia langsung memberikan arahan agar TPS yang ambruk segera kembali dibangun. Sehingga dapat dipakai pada saat pemungutan suara 17 April 2019. TPS yang hancur tersebut,lanjutnya dibangun kembali ditempat semula.

“Kami sudah memberikan arahan agar segar dilakukan perbaikan. Apabila memang tidak memungkinkan sedikit digeser ke lokasi yang aman. Termasuk dapat memergunakn gedung, fasilitas pendidikan dan lainnya  Untuk itu perlu koordinasi seluruh pihak terkait PPK, PPS dan KPPS,” tuturnya.

Dani mengaku optimis perbaikan TPS dapat dikerjakan dengan cepat, sehingga dapat dipakai pada waktunya, yakni saat pencoblosan.  Dia menilai peristiwa tersebut diluar perkiraan, namun demikian rusaknya TPS tidak sampai mengganggu proses yang tengah berjalan.

“Situasi aman da terkendali. Kejadian tersbeut tidak menagganggu proses pencoblosan yang bakal berlangsung besok, 17 April 2019. Dengan kebersamaan semua dapat segera tuntas dan siap diipakai, pada waktunya,” ujar Dani.

Lebih lanjut dia mengatakan rusaknya emoat TPS akibat diternag hujan badai, tidak sampai merusak logistik. Logisitk dalam keadaan aman, karena masih disimpan di tempat yang aman. “Logistik tetap aman,” katanya.

Pemilu 2019 di Kota Banjar berlangsung di 634 TPS yang tersebar di 25 desa dan kelurahan  di empat kecamatan, yakni Kecamatan Banjar, Langensari, Purwaharja dan Pataruman. DPT tercatat sebanyak 147.553 pemilih.***



Editor: anef

Tags

Komentar

Terkini

X