Senin, 24 Februari 2020

Kota Bogor Masih Kekurangan Ribuan Surat Suara

- 31 Maret 2019, 16:07 WIB
PETUGAS KPU Kota Bogor mulai mendistribusikan kotak suara di gudang penyimpanan Bapenda Kota Bogor, Minggu 30 Maret 2019. Memasuki H-17 pelaksanaan Pemilu, belum semua logistik diterima KPU Kota Bogor. */WINDIYATI RETNO SUMARDIYANI/PR

BOGOR, (PR).- Memasuki H-17 pelaksanaan Pemilihan Umum, belum semua logistik diterima Komisi Pemilihan Umum Kota Bogor. KPU Kota Bogor masih kekurangan ribuan surat suara yang belum didistribusikan dari KPU pusat.

Berdasarkan data yang diterima Pikiran Rakyat, Kota Bogor masih kekurangan 9.152 surat suara Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, 4.513 lembar surat suara DPR RI, 5.763 lembar surat suara DPD RI, 4.795 surat suara DPRD Jawa Barat, dan 5.348 lembar surat suara DPRD Kota Bogor.

“Untuk kekurangan surat suara DPRD Kota Bogor dihitung dari penjumlahan DPT plus 2% DPTB dan kekurangan setelah sortir,” ujar Ketua KPU Kota Bogor Samsudin kepada Pikiran Rakyat, Minggu 31 Maret 2019.

Tak hanya surat suara, KPU Kota Bogor juga masih menunggu distribusi logistik lainnya seperti sampul dan tinta. Sementara logistik lainnya seperti bilik, kotak suara, alat coblos, busa pencoblosan, sampul, dan APK  mulai didistribusikan ke enam gudang PPK sejak Jumat 29 Maret 2019 hingga Minggu.

“Surat suara memang belum kami distribusikan, rencananya besok (Senin) kami distribusikan ke enam gudang yang kami sewa di lokasi yang tidak jauh dari PPK. Setelah dikirim ke gudang itu, baru nanti di setting di sana,” kata  Samsudin.

Menurut Samsudin, kekurangan surat suara tersebut tidak menganggu proses distribusi logistik. Pasalnya, kekurangan surat suara di Kota Bogor hanya kurang dari 5%.

“Dari sekitar 730 ribuan surat suara, kekurangannya kurang dari 5%, itu bisa menyusul. Kami masih tunggu distribusi dari pusat, target kami H-7 semua logistik di tingkat kota sudah selesai, nanti dikirim ke PPK H-5,  PPS H-3, dan KPPS H-1,” kata Samsudin.

Sosialisasi

Selain fokus pendistribusian logistik, KPU Kota Bogor juga terus menggencarkan sosialisasi pelaksanaan Pemilu di Kota Bogor. Selain menjelaskan tata cara pencoblosan, KPU Kota Bogor juga turut menyosialisasikan calon presiden dan wakil presiden serta calon anggota legislatif dari DPRD RI, DPD, DPRD Jabar, hingga DPRD Kota Bogor.

“Proses sosialisasi akan terus berjalan sampai H-1. Selain KPU Kota, PPK, PPS juga terus jalan. Kami ingin semua masyarakat bisa menyalurkan hak pilihnya pada 17 April nanti,” kata Samsudin.***

Halaman:

Editor: Gugum Rachmat Gumilar

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X