Jumat, 13 Desember 2019

BPBD dan Warga Buka Kembali Jalan Ciemas di Sukabumi yang Sempat Tertimbun Tanah Longsor

- 29 Maret 2019, 20:40 WIB
PETUGAS BPBD Kabupaten Sukabumi dibantu warga pada Jumat, 29 Maret 2019 berhasil menyingkirkan material Jalan Ciemas yang sempat tertimbun material tanah longsor.*/AHMAD RAYADIE/PR

PALABUHANRATU,(PR).
Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi dengan dibantu warga berhasil membebaskan jalan utama di Kampung Cikoang, RT 003/009, Desa Tamanjaya, Kecamatan Ciemas. Jalan tersebut sebelumnya terputus karena tertimbun material tanah longsor.

Dengan menggunakan peralatan seadanya, pada Jumat, 29 Maret 2019 mereka berjibaku membersihkan material tanah longsoran tebing yang menimbun badan jalan. Bencana tersebut terjadi seiring intensitas hujan deras mengguyur Sukabumi yang memicu tanah longsor. Akibat jalan terputus, sempat melumpuhkan aktivitas warga pengguna kendaraan.

Bencana tanah longsor itu mengakibatkan timbunan setinggi 6 m dan sepanjang 30 m di badan jalan. Longsoran tersebut terdiri atas material tanah juga batu.

"Dampaknya memutuskan jalur penghubung desa dan kecamatan karena ini jalan kabupaten. Kondisi ini berimbas pada arus lalu lintas yang terhambat. Kendati cukup lama warga dibantu petugas BPBD berhasil menyingkirkan material tanah. Kami hanya menggunakan peralatan seadanya," kata warga Cikaung, Asep Didi.

Dia berharap pemerintah bisa menyiagakan alat berat. Tujuannya agar cepat tanggap jika terjadi bencana seperti ini. Apalagi di sejumlah ruas jalan di Kecamatan Ciemas, merupakan daerah merah rawan bencana tanah longsor.

"Kami sangat berharap kendaraan berat disiagakan. Karena bila sewaktu waktu bencana tanah longsor, kami tidak perlu berlama-lama menyingkirkan material tanah longsor," katanya.***



Editor: Eva Fahas

Tags

Komentar

Terkini

X